Blog entry by QUMI LAILATUL FAJRI 2214100016

Anyone in the world

1%20Iq7fJbC3AOowdL9iOoivvQ.png

 

Terkadang, ide dapat muncul secara tiba-tiba tanpa bersusah payah mencarinya. Bahkan orang kreatif akan dengan mudah menemukan ide ketika dihadapkan dalam berbagai masalah. Seringkali ide kreatif tersebut terinspirasi dari hal-hal dan situasi yang tidak terduga. Namun bagi sebagian orang menemukan ide kreatif bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, diperlukan adanya teknik dalam berpikir kreatif.

 

Salah satu teknik berpikir kreatif yang telah ada disebut Silly Cow. Metode ini umumnya digunakan untuk menumbuhkan ide dalam berbisnis. Namun cara ni juga dapat diterapkan dalam berbagai persoalan lain yang membutuhkan kreativitas. Metode berpikir ini dapat dilakukan sendiri maupun dengan forum group discussion. Terdapat dua cara untuk menerapkan metode Silly Cow. Pertama, cara yang dapat Anda lakukan sendiri. Langkah awal yang harus Anda lakukan, coba pikirkan tentang sapi. Apa saja yang Anda ketahui tentang sapi? Misalkan : hitam-putih, daging, susu, berkaki empat, kotoran, daging glonggongan, suap kasus impor daging dan hal-hal lain yang langsung terpikirkan oleh Anda. Kemudian lanjutkan dengan pertanyaan “Apa yang berhubungan dengan hitam-putih?” “Apa yang berhubungan dengan daging?” dan seterusnya dan seterusnya. Teruskan hingga Anda mendapatkan banyak ide, kemudian pilihlah ide yang paling sesuai dengan permasalahan Anda.  

 

Cara yang kedua sebaiknya dilakukan berkelompok atau dengan forum group discussion. Cara ini lebih efisien dan efektif untuk memicu keluarnya ide-ide kreatif yang Anda miliki. Metode ini dapat diterapkan dengan sebuah game yang menyenangkan. Pertama, masing-masing partisipan menyebutkan tiga kata/hal yang berhubungan dengan sapi.  Dari seluruh kata yang terkumpul, instruktur memberikan 3 kata secara acak kepada masing-masing partisipan. Kemudian masing-masing orang dapat mengajukan sebuah ide dengan tiga kata yang telah dipilihkan. Metode ini memiliki tujuan utama untuk menjadikan peserta lebih inovatif dan berpikir ‘out of the box’. Kuncinya adalah spontanitas peserta ketika menyebutkan tiga kata. Setiap ide yang muncul, tidak peduli betapa konyol dan sangat tidak masuk akal, patut untuk diharga. Metode ini dapat dikembangkan dengan pemilihan tema selain sapi.

Selamat mencoba!!

 

Sumber :

http://adinhumanomics.tumblr.com/post/68169384859/idea-silly-cow-lotus-blossom-and-consumer

https://www.linkedin.com/pulse/silly-cow-instartups-anestis-tsoukalis

 

Associated Kursus: RE141668RE141668
[ Mengubah: Monday, 27 February 2017, 22:41 ]