Blog entry by NOVIAN ESTIYO NUGROHO 2216105034

Anyone in the world

Men are blend in their own cause, manusia itu buta karena keyakinanannya sendiri

Ini adalah salah satu kata-kata bijak yang cukup populer dalam bahasa inggris. Pada kalimat ini seolah mengingatakan bahwa orang tidak mampu melihat kebenaran dari sudut  pandang orang lain. Jika sesorang benar-benar yakin akan pendapatnya sendiri, sehingga menyatakan bahwa hanya ia yang benar. Tentunya hal ini akan menjerumuskan ia, karena ia tidak bisa  melihat bahaya yang akan menimpanya.

Dalam suatu kasus, seseorang dihadapkan pada pilihan pekerjaan. Sebagian besar orang melihat bahwa pekerjaan dengan gaji yang besar adalah hal yang paling memuasakan, sebagian orang lagi beranggapan bahwa kenyamanan dalam bekerja adalah hal yang Utama. Padahal hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan pekerjaan adalah apakah kita sanggup bertanggung jawab atas hak yang kita dapatkan dari perusahaan. Sesorang merasa jika sudah diterima bekerja di perusahaan yang besar maka kepuasan hidup telah tercapai, malah sebaliknya ketika bekerja dengan gaji yang besar itu berarti kita diberi tanggung jawab yang besar pula. Banyak para karyawan, khususnya fresh graduate tidak memahami hal itu, sehingga timbul sifat malas dan mudah meyerah. Kita tetap harus belajar meski sudah bekerja di perusahaan besar sekalipun.

Kasus lain misalnya, orang yang berprinsip seperti ini akan mudah men-judge orang lain. Karena merasa dirinya benar ia akan berangapan orang lain salah. Pola pikir seperti ini tidak akan menutun seseorang ke suatu hal yang lebih maju. Baginya dirinyalah yang benar, tidak perlu masukan atau ilmu dari orang lain.

Untuk mengurangi sikap seperti ini, hendaknya kita banyak membaca serta mendengar apa yang ada disekitar kita. Jangan mudah mengambil suatu kesimpulan pribadi yang nantinya malah memperburuk keadaan. 

Associated Kursus: RE141668RE141668