Blog entry by DANIEL CRISTOVER SIRAIT 2216105069

Anyone in the world

SYSTEM THINKING

3 LAYERS OF EARTH 

3 Layers of earth merupakan 3 lapisan dari bumi yang terdi dari lapisan inti (core) yang merupakan lapisan paling dalam, lapisan mantel (mantle) yang berada diantara lapisan inti dan lapisan kerak, dan lapisan kerak (crust) yang merupakan lapisan paling luar dari bumi. 3 Layers of earth merupakan istilah yang merepresentasikan cara melihat sesorang pada suatu permasalahan dari suatu sistem tidak hanya dari luarnya saja tetapi juga melihat inti dari permasalahan sistem tersebut untuk menyelesaikan suatau permasalahan. Permasalahan pada suatu sistem direpresentasikan dengan gempa bumi yang terjadi di lapisan kerak bumi. Gempa bumi terjadi karena adanya gerakan mendadak di dalam Bumi. Gerakan mendadak di dalam Bumi dapat terjadi akibat adanya lempeng-lempeng Bumi yang berada di lapisan mantel yang saling bertabrakan, saling bergesekan atau saling menjauhi, dan pergerakan lempeng-lempeng bumi dipengaruhi inti bumi pada lapisan inti bumi. Sama halnya dengan suatu permasalahan, terdapat beberapa tipe orang dalam menyelesaikan suatu permasalahan, dimana ada yang melihat permaslahan dari luarnya saja, lalu ada yang melihat lebih dalam , dan ada yang melihat sumber dari permasalahan yang terjadi.

Salah satu contoh yang terjadi di Indonesia sekarang adalah penyebaran berita hoax. Berita hoax adalah adalah berita yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya, berita hoax dapat menciptakan perpecahan dan pertengkaran dalam masyarakat . 3 Layers of earth dapat merepresentasikan orang-orang yang merespon berita tersebut.

1. Lapisan Kerak

Lapisan kerak merupakan lapisan paling luar dari bumi merepresentasikan orang-orang yang merespon berita hoax secara langsung setelah membacanya, sehingga tidak mencari tahu apakah berita itu benar atau tidak. Orang-orang seperti ini cenderung lebih mudah untuk diprovokasi sehingga dapat menimbulakan permaslahan yang baru.

2. Lapisan Mantel

Lapisan mantel bumi yang merupakan lapisan antara inti bumi dan lapisan kerak bumi, lapisan mantel bumi merepresentasikan orang-orang yang merespon suatu berita dengan mencari tahu kebenaran dari berita tersebut sehingga dapat mengetahui apakah berita tersebut hoax atau tidak tetapi hanya sampai di situ saja, tidak ada tindak lanjut setelah mengetahui apakah berita tersebut hoax atau tidak. Orang-orang seperti ini cenderung pasif sehingga berita-berita hoax masih dapat tersebar secar bebas.

3. Lapisan Inti

Lapisan inti bumi yang merupakan lapisan paling dalam merepresentasikan  orang-orang yang merespon berita hoax dengan mencari tahu kebenaran dari berita tersebut sehingga dapat mengetahui apakah berita tersebut hoax atau tidak, setelah mengetahui berita itu hoax maka akan dicari siapa sumber atau pembuat berita tersebut sehingga dapat dilaporkan sehingga pihak berwenang dapat menghentikan penyebaran berita hoax.

       Contoh lainnya terdapat pada dunia industri adalah ada suatu permasalah pada suatu peralatan di suatu industri. 3 Layers of earth dapat merepresentasikan orang-orang yang menangani permasalahan pada peralatan tersebut


1.
 Lapisan Kerak

Lapisan kerak merepresentasikan orang-orang yang menangani permasalahan di dunia industri secara terburu-buru. Sebagai contoh jika terdapat permasalahan di perlatan industri maka orang-orang pada lapisan kerak cenderung terburu-buru menyelesaikan permasalahan tersebut dengan langsung mengganti peralatan tersebut dengan perlatan yang baru tanpa mencari tahu sumber permasalahannya. Sehingga tidak menyelesaikan permaslahan secara keseluruhan.

2. Lapisan Mantel

Lapisan mantel merepresentasikan orang-orang yang menangani permasalahan di dunia industri lebih baik daripada orang-orang pada lapisan kerak. Sebagai contoh jika terdapat permasalahan di perlatan industri maka orang-orang pada lapisan mantel mencari tahu permasalahan perlatan tersebut terdapat dimana tetapi belum sampai pada inti permasalahannya.

3. Lapisan Inti

Lapisan inti merepresentasikan orang-orang yang menangani permasalahan di dunia industri secara teliti dan cepat. Sebagai contoh jika terdapat permaslahan di perlatan industri maka orang-orang pada lapisan inti mencari tahu sumber atau inti permasalahan perlatan tersebut ada dimana, dan peralatan tersebut diperbaiki secara langsung, sehingga dapat memperbaiki peralatan dengan baik dan dapat menghindari permaslahan-permasalahan yang lainnya yang timbul.

Associated Kursus: RE141668RE141668