Blog entry by Novaldi Guntur Putra 2215100021

Picture of Novaldi Guntur Putra 2215100021
by Novaldi Guntur Putra 2215100021 - Thursday, 18 October 2018, 10:33 PM
Anyone in the world

Otomatisasi Pembayaran Tagihan

Konvensional

Pada jaman dahulu, ketika bank atau institusi finansial lainnya mengeluarkan tagihan, konsumen harus datang ke tempat dan membayar tagihan tersebut secara langsung kepada teller. Konsumen harus datang, mengantri dari pagi, hanya untuk membayar tagihan yang tidak seberapa. Selain itu, tidak ada sistem pengingat bagi para konsumen. Bank atau institusi finansial sering kali mengirimkan surat tagihan via kantor pos atau institusi sejenis. Namun seringkali, tagihan ini hanya menumpuk di kotak pos dan tidak dilihat oleh konsumen karena berbagai alasan. Sehingga ketika tagihan menumpuk, tagihan semakin banyak dan bunga yang harus dibayar semakin banyak sehingga menyusahkan konsumen.

Antrian Bank tahun 1930

Gambar 1 Antrian Bank pada tahun 1930

Otomatis

Pada jaman sekarang, dimana sudah terdapat kemajuan teknologi, pembayaran tagihan bisa dilakukan secara otomatis. Pengguna bisa memilih untuk menggunakan layanan tersebut, sehingga nantinya bank atau institusi sejenis akan langsung menarik sejumlah uang dari tabungan pengguna atau dari kartu kredit untuk membayarkan tagihan secara langsung. Selain itu, pengguna bisa memilih untuk mengaktifkan layanan pengingat tagihan yang bisa dikirimkan via smartphone atau perangkat lainnya. Pengguna akan diberikan pemberitahuan ketika tagihan harus dibayarkan. Informasi yang diberikan bisa berisi jumlah tagihan, tenggat waktu, dan sebagainya.

interface automatic bill payment

Gambar 2 Interface Automatic Bill Payment

 

Kriteria

Pembayaran tagihan dengan tepat waktu dan tidak ribet

Indikator

Pemberitahuan kepada pengguna bahwa tagihan tertentu sudah dibayar

Variable

Besaran tagihan

Parameter

Tanggal penarikan biaya tagihan dari bank

Batasan

Jumlah saldo pengguna ataupun limit kartu kredit pengguna

 

Video Referensi

 

[ Modified: Thursday, 18 October 2018, 10:34 PM ]