pditt-its

Capaian Pembelajaran :

Mahasiswa mampu menggunakan dasar-dasar analisa kualitatif dan kuantitatif, dasar-dasar dan prinsip kerja analisa instumentasi untuk menentukan komposisi bahan baku dan produk, serta mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan baik dengan kinerja individu maupun secara berkelompok dalam kerjasama tim

Mata Kuliah Statistika dimulai dari pengenalan tipe data, skala data dan instrumen-instrumen kuesioner yang ditujukan untuk mencapai tujuan akhir spesifik. Mata Kuliah ini bertipe Project-based Learning dengan progress Final Project terus diupdate tiap pertemuan sampai pertemuan akhir yaitu presentasi Final Project.

Mata Kuliah 3 SKS ini disajikan dalam dua bentuk pengajaran yaitu Tatap Muka di Kelas dan Tatap Muka di Laboratorium yang berisi pengenalan SPSS untuk mengolah data hasil survey. Diampu oleh 3 dosen pengampu, kelas Statistika tahun ini dibuka 6 kelas dengan distribusi merata antar dosen.

  • Wiwik Anggraeni sebagai pengampu Statistika A dan B
  • Retno Aulia Vinarti sebagai pengampu Statistika C dan D
  • Renny Pradina sebagai pengampu Statistika E dan F

Terdapat beberapa perubahan materi dan aktivitas pembelajaran Statistika tahun ini dengan tahun-tahun kemarin. Salah satunya adalah penambahan beberapa materi yang substansial dan sering digunakan sebagai pendukung Tugas Akhir.

Selamat datang pada Perkuliahan (PSDP) Perencanaan Sumber Daya Perusahaan semester Genap 2012/2013.

Pada perkuliahan ini mahasiswa akan mendapatkan wawasan tentang pentingnya perencanaan sumber daya perusahaan dan membangun kompetensi untuk melakukan perencanaan sumber daya perusahaan baik secara manual maupun dengan bantuan perangkat lunak open source (OpenERP) maupun software komersial SAP. 

Nama Mata Kuliah : Manajemen Resiko Teknologi Informasi
Kode Mata Kuliah : KS091327
Jumlah SKS : 4 SKS
Semester : 7 (tujuh)
Bentuk Kompetensi Mata Kuliah : Kemampuan mengantisipasi dan merespon dampak penggunaan TI

Mata Kuliah (MK) Manajemen Resiko Teknologi Informasi-MRTI merupakan mata kuliah pilihan yang ditujukan untuk mahasiswa tingkat akhir (semester tujuh). Pemahaman konsep pengelolaan Sistem Informasi/Teknologi Informasi (SI/TI) menjadi faktor penunjang yang dibutuhkan bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut. Kian meningkatnya isu pengelolaan TI yang rentan dengan resiko yang berdampak pada bisnis, memberikan referensi bahwa mata kuliah pilihan tersebut penting dalam mendukung profil lulusan akademisi, konsultan, manajer, maupun profesional TI. Pertimbangan ini dikarenakan pengelolaan TI menjadi baik oleh bisnis jika mampu memberikan dukungan sekaligus meminimalisir resiko yang mengancam bisnis.

Nama Mata Kuliiah  : Metode Numerik

Kode Mata Kuliah    : RC145204

Jumlah SKS             : 2 SKS

Semester                  : 4 (empat)

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:

  • Mampu menggunakan metode numerik untuk menyelesaikan pekerjaan teknik sipil terapan

  • Memiliki sifat jujur dalam mengerjakan tugas-tugas metode numerik

  • Memiliki sifat proaktif dalam mengerjakan tugas-tugas metode numerik

Pokok Bahasan:

Kesalahan. Akar Persamaan: metode belah dua, secant, newton. Persamaan Linier & non Linier Simultan: Gauss, LU, Cholesky, Newton. Regresi: linier, polinomial;  Interpolasi: linier, kuadratik, spline. Ekstrapolasi: linier, kuadratik. Diferensiasi dan Integrasi Numerik: Forward, Central, Backward difference, Newton Cotes, Gauss Quadrature. Persamaan Diferensial Ordiner untuk orde satu, dua, dan sistem PD: metode Euler, Heun, Runge Kutta, Adams Moulton, Adams Bashfort. Aplikasi bahasa program komputer untuk metode numerik pada bidang Teknik Sipil. 

SFB 2 berisi materi fundamental dari salah satu sistem fungsional bisnis yaitu Financial tentang bagaimana cara mengelola uang. 

Proses Manufaktur media memahami cara pembuatan produk