Mata kuliah pilihan Aplikasi Ergonomi Industri

Jurusan Teknik Industri ITS

mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar perancangan interior...

dimana mahasiswa mengeksplorasi sebuah ruang dengan ukuran terbatas..

namun memiliki beberapa fungsi...

mahasiswa dilatih untuk peka terhadap kebutuhan pengguna, mengeksplorasi estetika dan terbiasa dalam sebuah proses perancangan...

contoh objek yang di desain adalah :

  • apartemen
  • kamar hotel
  • kamar cottage
  • kamar kos
  • kamar rumah
  • loft

Pada Mata Kuliah Drainase ini diharapkan Mahasiswa mampu merencanakan sistem Drainase Perkotaan yang didukung dengan penguasaan program bantu Hec-Ras.

MK.Ergodesain Interior mempelajari aspek kenyamanan manusia dalam desain interior. Tinjauan kenyamanan manusia berkaitan dengan  fisik maupun non fisik. Fisik yang terukur diterapkan pada kenyamanan desain workstation dengan mempertimbangkan faktor anthropometrinya. Sedangkan kenyamanan non fisik dipelajari pada  ergo cognitif dan ergo environment. Ergo cognitif mempelajari tentang warna, bentuk dan material. Sedangkan ergo environment tentang pencahayaan alam dan buatan

Mata kuliah ini memaparkan tentang Konsep karakterisasi material: Review karakter material, Review pengukuran karakter material, Review alat ukur material. Analisis struktur mikro dengan Mikroskop Optik: Prinsip  mikroskop optik, Teknik persiapan sampel uji, Metode analisis, analisis kualitatif, image analisis kuantitatif. Analisis struktur mikro dengan Scanning Electron Microscope/Energy Dispersive X-Ray (SEM/EDAX): Prinsip  mikroskop elektron, Teknik persiapan sampel uji, Metode analisis. Analisis struktur mikro dengan TransmitionElectron Microscope (TEM): Prinsip  mikroskop elektron, Teknik persiapan sampel uji, Metode analisis. Spektroskopi: Prinsip dasar spektroskopi, Klasifikasi spektroskopi, metode analisis komposisi kimia. Metode difraksi untuk analisis material: Konsep dasar metode difraksi, Difraksi neutron, Difraksi elektron, Difraksi sinar-x. Karakteristik sinar-x dan review geometri kristal: Sifat sinar-x, Review bidang kristal. Metode difraksi sinar-x: Metode pengujian, Metode analisis kualitatif, Metode analisis kuantitatif. Analisis termal: Konsep dasar pengujian termal, Metode persiapan sampel, Metode analisis.

Matakuliah KOMPUTASI PERENCANAAN (RP1204) merupakan mata kuliah dengan  tiga (3) SKS, diselenggarakan sebanyak 14 kali perkuliahan oleh 3 dosen yang mengajar selama 150 menit, dengan dibantu oleh asisten dosen. Evaluasi dalam matakuliah ini diberikan sebanyak 4 (empat) kali. Salah satu metode pembelajaran yang dilakukan dalam mata kuliah melalui praktikum mandiri serta didukung pula dengan metode evaluasi berupa simulasi. Pada akhir perkuliahan diadakan expo guna menampilkan hasil karya mahasiswa, keseluruhan proses tersebut adalah upaya untuk memaksimalkan  pembelajaran student centered learning (SCL).

Mata kuliah Manajemen Proyek Teknologi Informasi (MPTI), merupakan mata kuliah tahap sarjana yang diberikan di semester keempat. Mata kuliah ini bertujuan untuk melatih kemampuan pemenuhan kebutuhan bisnis sehingga mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengelola proyek di bidang teknologi informasi. Mata kuliah ini mempunyai beban sks yang cukup besar (6 sks) dengan tujuan mahasiswa memiliki cukup waktu untuk belajar mengelola proyek secara langsung melalui tugas dan studi kasus yang berkesinambungan dari awal hingga akhir semester. Selain itu, mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang masuk ke dalam rumpun mata kuliah perencanaan dan pengembangan sistem informasi. 

Nama Mata Kuliah : Manajemen Resiko Teknologi Informasi
Kode Mata Kuliah : KS091327
Jumlah SKS : 4 SKS
Semester : 7 (tujuh)
Bentuk Kompetensi Mata Kuliah : Kemampuan mengantisipasi dan merespon dampak penggunaan TI

Mata Kuliah (MK) Manajemen Resiko Teknologi Informasi-MRTI merupakan mata kuliah pilihan yang ditujukan untuk mahasiswa tingkat akhir (semester tujuh). Pemahaman konsep pengelolaan Sistem Informasi/Teknologi Informasi (SI/TI) menjadi faktor penunjang yang dibutuhkan bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut. Kian meningkatnya isu pengelolaan TI yang rentan dengan resiko yang berdampak pada bisnis, memberikan referensi bahwa mata kuliah pilihan tersebut penting dalam mendukung profil lulusan akademisi, konsultan, manajer, maupun profesional TI. Pertimbangan ini dikarenakan pengelolaan TI menjadi baik oleh bisnis jika mampu memberikan dukungan sekaligus meminimalisir resiko yang mengancam bisnis.

The main objective of this course is to reveal the very basic aspects of materials for energy storage which cover: battery, hydrogen storage, fuel cell and super capacitor from a point of view of their materials, design, fabrication and the development of the materials. The course is designed for master students but it can also be taken by undergraduate students as their elective course.

Successful students are able to write a critical review about properties, structure, reactivity and fabrication of materials for energy storage which cover rechargeable Li-ion and NiMH batteries, hydrogen storage, fuels cell and super capacitor and their characterization and testing.

Metalurgi II merupakan matakuliah lanjutan dari Metalurgi I. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan lebih banyak mempelajari tentang material ferrous dan non-ferrous.

Kuliah mikoriza ini mempelajari  jamur yang berinteraksi dengan akar tumbuhan

Mata kuliah Morphologi Kota (RP09-1315) merupakan mata kuliah wajib di semester 4 pada Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota FTSP – ITS dengan beban 2 sks. Mata kuliah ini masuk ke dalam rumpun mata kuliah (RMK) Perencanaan. Mata kuliah ini diampu oleh 3 orang dosen yaitu, Dr. Ir. Rimadewi Supriharjo, MIP, Ir. Heru Purwadio dan Rulli Pratiwi Setiawan, ST, M.Sc.

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang peralatan proses yang menggunakan prinsip perpindahan panas dan massa, seperti pada proses evaporasi, humidifikasi, pengeringan dan kristalisasi.

Mahasiswa mampu memahami dengan benar konsep dasar cara kerja komputer dan dapat menjelaskan dengan tepat dan memahami dengan benar fungsi dari setiap komponen pembentuk komputer.

Otomasi diperlukan untuk menjadikan proses menjadi lebih efisien, aman dan nyaman

 

P. Komputer & Pengantar Tek.Informasi & Komunikasi adalah sebuah mata kuliah yang mempelajari, memahami serta menggunakan Matlab untuk menyelesaikan berbagai persoalan matematis didalam bidang engineering. Materi yang diajarkan pada mata kuliah ini meliputi sub pokok bahasan basic element of Matlab, numerical methods, symbolic toolbox, linear algebra, differential equations, Programming in Matlab, simulink, serta menyelesaikan tugas besar dengan GUI di akhir perkuliahan

Mata kuliah PSI merupakan mata kuliah wajib di Jurusan Sistem Informasi ITS pada tahap persiapan yakni di semester 2 dengan bobot 4 sks. Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar yang termasuk dalam kelompok kompetensi utama. Untuk mata kuliah kompetensi utama, maka nilai minimal yang wajib didapatkan oleh mahasiswa agar lulus adalah C (56-60). Kurang dari nilai tersebut maka dinyatakan tidak lulus mata kuliah tersebut.

Mata kuliah PSI ini bertujuan agar mahasiswa memahami berbagai karakteristik SI beserta tren perkembangannya,  serta cakap mengkonfigurasi & menggunakan SI yang banyak digunakan untuk membantu memberikan solusi problem bisnis.

Pengendalian Kualitas Statistika (PKS) merupakan salah satu mata kuliah kompetensi utama di Jurusan Statistika ITS. Mata kuliah ini berada pada semester IV dengan bobot 2/1/1 SKS, sehingga selain perkuliahan/tatap muka dan responsi juga terdapat praktikum dengan bobot 1 sks. Matakuliah ini berada dibawah rumpun Statistika Industri. Salah satu matakuliah pendukung adalah Pengantar Metode Statistika (PMS). Matakuliah PKS merupakan prasyarat  matakuliah Managemen Mutu  yang berada pada semester  VI.

 Keberadaan mata kuliah PKS sangat penting bagi mahasiswa, karena selain sebagai mata kuliah kompetensi utama, metode-metode dalam PKS banyak digunakan sebagi topik-topik dalam Tugas Akhir dan kerja praktek Mahasiswa. Dari tahun  ke tahun  prosentase mahasiswa dengan topik PKS semakin meningkat. Banyak kasus-kasus di perusahaan, baik jasa maupun produk yang memanfaatkan metode-metode PKS. Oleh karena itu, mahasiswa harus mempunyai pemahaman yang tepat  terhadap matakuliah ini. Selama ini pembelajaran PKS pada Prodi DIII Statistika, memanfaatkan tatap muka di kelas, dan untuk penugasan praktikum memanfaatkan media papan pengumuman di kampus. 

 Manfaat           :

 Keberadaan materi  PKS  yang dimasukkan dalam Share ITS ini diharapkan mahasiswa termotivasi untuk mempelajari materi ini secara mandiri, sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan nilai. Selain itu juga mempermudah penugasan dalam praktikum. Tidak tertutup kemungkinan, modul ini dimanfaatkan oleh para mahasiswa dari jurusan/perguruan tinggi lain.

Metrology adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang pengukuran. Pengukuran berasal dari kata dasar ukur yang artinya suatu kegiatan untuk menetukan dimensi dan kuantitas dari suatu obyek ukur. Pengukuran secara umum diartikan kegiatan membandingkan suatu besaran (dimensi, kuantitas) dengan besaran standar Metrologi Industri : ilmu pengukuran besaran geometrik benda ukur (komponen mesin-hasil industri), mempelajari alat ukur & cara pengukuran dng tujuan utk mengetahui harga yg dianggap benar bagi suatu elemen geometri.

Tujuan Instruksional Umum (TIU)

1. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa/i mempunyai kemampuan untuk memahami dan menggunakan dengan benar cara-cara pengukuran linear, sudut dll serta tata cara penggunaan alat-alat ukur sehingga hasil pengukuran mendekati nilai sebenarnya dari objek ukur.

2. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa/i mempunyai kemampuan untuk memahami dan menggunakan dengan benar berbagai macam sensor, serta pengkondisian sinyal yang keluar dari sensor tersebut untuk aplikasi dibidang engineering.

Selamat datang pada Perkuliahan (PSDP) Perencanaan Sumber Daya Perusahaan semester Genap 2012/2013.

Pada perkuliahan ini mahasiswa akan mendapatkan wawasan tentang pentingnya perencanaan sumber daya perusahaan dan membangun kompetensi untuk melakukan perencanaan sumber daya perusahaan baik secara manual maupun dengan bantuan perangkat lunak open source (OpenERP) maupun software komersial SAP. 

Secara umum, tujuan dari terselenggaranya mata kuliah Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak adalah memberikan gambaran mengenai prosedur dan teknik analisa dan spesifikasi sistem, perkembangan metodologi, metode representasi, tool dan teknik rekayasa kebutuhan serta mampu untuk mendokumentasikan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak.

Adapun manfaat yang didapat adalah mata kuliah ini tidak hanya memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep dasar rekayasa kebutuhan perangkat lunak, tetapi juga kemampuan dalam melakukan penggalian kebutuhan dan mendefinisikan kebutuhan tersebut dalam bentuk spesifikasi kebutuhan perangkat lunak. Dengan pemahaman, pengetahuan dan kemampuan dalam rekayasa kebutuhan perangkat lunak, mahasiswa mampu memberikan solusi teknologi informasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan dalam dunia nyata. Mata kuliah Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak juga memberikan mahasiswa kemampuan dalam menggunakan tools untuk mengelola kebutuhan dan mendokumentasikannya dalam bentuk dokumen spesifikasi kebutuhan perangkat lunak (SKPL).

SFB 2 berisi materi fundamental dari salah satu sistem fungsional bisnis yaitu Financial tentang bagaimana cara mengelola uang. 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat memodelkan sistem, mengkarakteristikan dan merancang sistem pengaturan berdasarkan spesifikasi respon waktu

passed

Memastikan produk berkualitas dan seragam

(konsisten memenuhi spesifikasi)

Tujuan  :   Memberikan kemampuan memanfaatkan metode peramalan untuk mendukung pengambilan keputusan