Mata kuliah ini bla bla bla

Mata kuliah Dasar Sistem Telekomunikasi merupakan mata kuliah wajib yang membahas mengenai sejarah dan evolusi teknologi telekomunikasi, dasar sistem komunikasi, jaringan dan aplikasi layanan telekomunikasi.

Memaham Sifat Fisik, Kimia dan Biologi Tanah

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

Mata kuliah ini mempelajari Dasar bilangan, konversi bilangan, gerbang logika, Teorema Boolean dan Demorgan, K-Map, Flip-Flop, Counter, Shift Register, Rangkaian Adder, dan Multipleks,  sehingga mahasiswa dapat memahami aplikasi, prinsip dan merancang Rangkaian Logika

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

matakuliah ini mengajarkan konsep pengubahan energi listrik menjadi gerak atau energi gerak menjadi energi listrik

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

Mata kuliah ini mempelajari  tentang bagaimana mengelola sekelompok perawat dengan menggunakan fungsi manajemen sehingga dapat memberikan asuhan keperawatan kepada klien secara professional. Fokus mata kuliah ini membahas tentang teori-teori manajemen dan kepemimpinan serta aplikasinya untuk memberikan pelayanan keperawatan profesional pada asuhan klien secara menyeluruh melalui manajemen pelayanan keperawatan dan berupaya memprakarsai perubahan yang efektif dalam system asuhan keperawatan. Proses pembelajaran menggunakan metode  ceramah, diskusi dan seminar

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

Mahasiswa mampu menggunakan peralatan keselamatan kerja, alat ukur (Jangka Sorong, Micrometer dan busur derajat dengan baik dan benar

Perkembangan keramik dan gelas tidak lagi berpusat pada industri ubin (tile), sanitary, house-ware, art ataupun fungsi konvensional lainnya

Keramik dan Gelas telah berkembang sebagai basis material untuk energi, industri dan advance technology

Mata kuliah Material Keramik dan Gelas memberikan pemahaman tentang konsep dasar keramik dan gelas, struktur kristal dan defect pada gelas dan keramik, sintesa raw material dan product industri serta penerapannya dan perkembangan teknologi

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

Mata kuliah ini memberikan materi mengenai fungsi dan tujuan dari gambar teknik. Selanjutnya, mahasiswa akan dikenalkan kegunaan alat-alat gambar, aturan dasar yang digunakan, standarisasi gambar teknik, toleransi, suaian, tanda pengerjaan, lambang-lambang tanda pengerjaan, simbol pengelasan dan lambang-lambang P&ID. Diharapkan mahasiswa dapat membaca gambar teknik baik menggunakan sistem proyeksi Amerika maupun sistem proyeksi Eropa, sehingga dapat membayangkan bentuk dari komponen-komponen mesin yang akan dibuat.

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

mata kuliah ini memberi pemahaman tentang berbagai macam teknik eksplorasi sumberdaya alam yang telah dikembangkan

Mata Kuliah ini membahas tentang pengenalan teknologi informasi dan komunikasi yang berupa pemahaman tentang definisi Teknologi dan Informasi serta cara kerja, penggunaan dan perkembangan perangkat komputer, konsep Jaringan komputer dan aspek keamanannya, cara kerja internet, pemanfaatan, etika dalam penerapannya, dan perkembangan teknologi kecerdasan buatan.

Deskripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah ini membahas tentang standar lapisan Open System Interconnection (OSI) topologi jaringan, konsep dasar sistem routing, konfigurasi router dasar pada jaringan komputer, statik dan dinamik routing (RIP, IGRP EIGRP dan OSPF) disain jaringan komputer secara hirarki, konsep dasar switching, konfigurasi dasar switch, Virtual LAN (VLAN), Virtual Trunking Protocol (VTP), dan interVLAN.

  1. Mampu memahami dan mendeskripsikan konsep sistem basis data
  2. Mampu memahami konsep manajemen data dalam storage (storage organizations)
  3. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan user, merancang dan memodelkan data dengan struktur basis data yang baik serta mengimplementasikannya dalam DBMS (LO 1.1.4; LO 3.3.3)
  4. Mampu memahami dan mengimplementasikan query dalam basis data
  5. Mampu memahami konsep dasar model relational

Dengan mengaplikasikan pengetahuan hidrologi dan hidrolika, mata kuliah ini membahas cara merencanakan sistem dan bangunan drainase perkotaan, jalan raya dan lapangan terbang berikut  fasilitas yang diperlukan serta permasalahan yang umum pada pematusan di perkotaan. Pengalaman menghitung diberikan melalui beberapa pekerjaan rumah (tugas kecil) dan diakhiri dengan tugas merencana sistem drainase suatu kawasan.

Mata Kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu melakukan akselerasi pemahaman tentang aplikasi Sistem Pneumatik dan Hidraulik di dunia industri. Mahasiswa diharapkan dapat memiliki kompetensi sebagai berikut :

  • Mampu memahami pengertian dasar tentang mekanika fluida yang berkaitan dengan sistem hidraulik dan pneumatik
  • Mampu memiliki pengetahuan tentang penerapan sistem hidraulik dan pneumatik di industri
  • Mampu memahami dasar-dasar perancangan sistem hidraulik dan pneumatik
  • Mampu / menguasai pengoperasian dan pemeliharaan sistem hidraulik dan pneumatik

Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dengan kemampuan statistik dasar, pemahaman terhadap metode-metode statistik, serta aplikasinya. Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu  menerapkan metode dan teknik yang dipahami dalam pendekatan problem kasus-kasus industri.

Selamat Datang di Kuliah Dalam Jaringan (Daring) Mata Kuliah (MK) Teori & Praktek Menggambar Teknik II yang berada dalam share ITS.

Selain tatap muka di kelas, MK ini diberikan juga dalam bentuk daring, sebagai penunjang keberlangsungan kelas dan menambah dukungan kepada mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan terkait mata kuliah Teori & Praktek Menggambar Teknik II.