Download :

1. Login

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memilih dan menyimpulkan sebuah metode analisa numerik untuk suatu problem engineering pada dunia marine secara tepat dan benar

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

Mata Kuliah Dasar Kimia Organik (SK141351)

Jurusan Kimia

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Desain Produk 1 adalah mata kuliah perancangan utama. Pada mata kuliah ini Mahasiswa mempelajari kaitan estetika dengan fungsi pada benda produk, latihan merancang produk dengan penekanan fungsi, pengembangan kreatifitas dan daya tarik estetika

Geofisika memerlukan dasar-dasar perhitungan matematis yang kuat yang diterapkan dalam metodenya seperti Analisa Vektor, Deret, Bilangan Kompleks, sistem Persamaan Linier/Aljabar Linier, Differensial Parsial, Integral Lipat, Matriks. 

Ergonomi Industri bertujuan untuk desain interaksi bekerja untuk produktivitas industri yang tinggi dengan mempertimbangkan efektivitas, efisiensi, keselamatan dan kenyamanan. Kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan siswa untuk meningkatkan proses atau peralatan kerja yang sesuai dengan prinsip-prinsip Ergonomi. Obyek dari diskusi terkait dengan peningkatan kualitas interaksi manusia dengan mempertimbangkan manusia, mesin, tenaga kerja, lingkungan, sistem dan organisasi. Ergonomi Industri melihat berbagai kemampuan manusia, keuntungan dan kerugian dalam meningkatkan interaksi kerja.

Mata kuliah ini mempelajari mengenai prinsip-prinsip dasar kimia, struktur atom, sistem periodik, ikatan kovalen, struktur molekul, perubahan fase, termokimia, reaksi kimia, kinetika kimia dan termodinamika kimia.

Memahami konsep dasar ilmu kimia dengan memberikan gambaran tentang materi pokok wujud zat, solid, larutan asam-basa, termodinamika, kinetika kimia dan elektrokimia

mata kuliah ini mempelajari dan menganalisa perubahan dalam reaksi kimia organik

Mata kuliah ini mempelajari stabilitas lereng dan timbunan serta metode-metode konstruksi yang dapat dipakai untuk meningkatkan stabilitas lereng atau timbunan.

Selamat datang di Mata Kuliah Literatur Kimia!


Contoh Jurnal


Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui sumber literatur kimia, cara mencari literatur, membuat proposal, membuat presentasi ilmiah, membuat laporan dan artikel ilmiah. Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.


Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

Mata kuliah agama Islam adalah mata kuliah yang penting diambil mahasiswa di semester awal kuliah. Mata kuliah ini berisi tentang iman, islam dan ihsan.

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

Mata kuliah Perencanaan Bandara adalah mata kuliah yang diberikan pada mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FTSP ITS pada semester 7.

Quality control is one of important activities in manufacturing industry to make sure that the products fill the minimum requirement both from customer and producer. Quality control consist of involving entities to analyze production factors. This course provides knowledge about many techniques to produce high qualified and robust products.

Map Projection

Proyeksi Peta merupakan matakuliah yang mempelajari mengenai konsep dan geometri dalam  proyeksi peta, macam-macam proyeksi dan transformasi koordinat dalam pemetaan dan menerapkan konsep dasar untuk mengerjakan dan menyelesaikan persoalan proyeksi peta dalam geodesi baik melalui diskusi kelompok maupun belajar mandiri. 

Satelit altimetri adalah mata kuliah pilihan di Jurusan Teknik Geomatika untuk tahap sarjana. Pembahasan secara umum dalam mata kuliah ini ada pengolahan data altimetri menjadi sea surface height (SSH), sea level anomaly (SLA) dan mean dynamic topography. Aplikasi dari altimetri ini dapat digunakan untuk analisa El-Nino dan fenomena-fenomena yang terjadi di laut, contoh: Gulf Stream Phenomenon.

Mempelajari tentang komponen-komponen tahanan kapal.

Mempelajari tentang sistem propulsi pada kapal.

Deskripsi mata kuliah: Mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman
belajar untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang: rasa kebangsaan dan
cinta tanah air, demokratis berkeadaban, menjadi warganegara yang memiliki daya
saing, berdisiplin dan berpartisifasi aktif dalam membangun kehidupan yang
damai berdasarkan sistem nilai Pancasila. Setelah perkuliahan ini diharapkan
mahasiswa mampu mewujudkan diri menjadi warga negara yang baik yang mampu
mendukung bangsa dan negara, warga negara yang demokratis yaitu warga negara yang cerdas, berkeadaban dan bertanggung jawab bagi kelangsungan hidup negara
Indonesia dalam mengamalkan kemampuan ilmu pengetahun, teknologi dan seni yang
dimilikinya.

Bahan Kajian: PANCASILA, KEWARGANEGARAAN DAN BAHASA INDONESIA

Materi : Sejarah Kebangsaan Indonesia, Proses Perumusan
Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara, Negara dan Konstitusi (Sistem
Hukum dan Pemerintahan di Indonesia), Hak Asasi Manusia dan Demokrasi
(Pengkajian dan Penegakannya), Geopolitik dan Otonomi Daerah, Globalisasi dan
Geostrategi Nasional.
Prinsip-prinsip komunikasi
Lisan (Presentasi Ilmiah, Teknik Wawancara) dan Prinsip-prinsip komunikasi
Tulis (Karya Ilmiah, Tulisan Populer).