Pada materi pengantar terdapat materi pengenalan terhadap keseluruhan materi dalam pembelajaran online Wawasan dan Kompetensi Global beserta peta konsep. Peta Konsep ini dirancang untuk memberikan arahan pembelajaran terhadap materi yang tersedia dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai materi sesuai dengan jenjangnya masing-masing.

Materi Umum berisi tentang wawasan dan kompetensi global yang harus dimiliki oleh setiap civitas akademika ITS. Materi ini terdiri dari Wawasan Global, Kompetensi Global dan English Proficiency.

Materi ini dirancang khusus untuk mahasiswa untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi global yang dibutuhkan oleh mahasiswa.

Materi Organisasi berisi materi seputar organisasi (terutama organisasi mahasiswa) di dunia global. Kompetensi-kompetensi dasar bagi sebuah organisasi seperti mengadakan acara berskala internasional hingga menginisiasi sebuah kolaborasi.

Atmosfer globalisasi serta kesempatan-kesempatan untuk go global di lingkungan akademik tidak hanya datang kepada mahasiswa dan dosen saja tetapi juga kepada para karyawan. Maka untuk mempersiapkan diri menghadapi kesempatan-kesempatan tersebut, pada Materi Karyawan tersedia materi-materi wawasan dan kompetensi global yang dibutuhkan oleh karyawan.

Untuk mencapai visi ITS menjadi World Class Research University , ITS sudah memulai untuk menerapkan sistem pembelajaran bertaraf internasional. Mulai dari mengadakan international class dan sebagainya. Materi Dosen berisi materi mengenai kompetensi-kompetensi yang seorang dosen butuhkan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang sesuai standar internasional.