DESKRIPSI MATA KULIAH

Pengambilan keputusan adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan oleh manajer diberbagai fungsi bisnis. Keputusan yang baik haruslah dapat dipertanggung jawabkan melalui dukungan data yang akurat dan teknik analisis yang detail dan komprehensif.  Penggunaan  metode kuantitatif dalam pengambilan keputusan dewasa ini sudah menjadi hal tidak asing lagi. Semakin ketatnya persaingan, memaksa pelaku bisnis untuk membuat keputusan yang cermat dan akurat. Perkembangan teknologi informasi sekarang ini semakin memudahkan para pelaku bisnis untuk melakukan analisis data dengan tersedianya software-software untuk pengambilan keputusan manajemen.

Mata kuliah ini memberikan dasar-dasar pengetahuan serta skills pengambilan keputusan secara ilmiah berdasarkan data dan fakta kuantitatif. Materi kuliah mencakup sistematika pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara ilmiah, formulasi masalah kedalam model matematis, serta berbagai teknik dan metode matematis untuk pemecahan masalah bisnis dan manajemen. Selain itu, mahasiswa juga diperkenalkan pada berbagai macam software  untuk membantu memecahkan berbagai metode matematis. 

Deskripsi Mata Kuliah

Peta area/lokasi sangat diperlukan dalam perancangan, pembangunan, dan perawatan bangunan sipil seperti jembatan, gedung, saluran air, lapangan terbang, bendungan, perumahan, dan lain-lain. Peta tersebut berisi tentang batas area lokasi proyek, elevasi, kontur tanah, bangunan eksisting, instalasi utilitas, dll.

Mata kuliah Pemetaan-I ini adalah ilmu dasar untuk membuat peta berdasarkan pengamatan survey di lapangan dan juga dapat digunakan sebaliknya, yaitu untuk mengeplot dari gambar rancangan ke lapangan. Nama mata kuliah Pemetaan-I ini didasarkan pada kurikulum baru (2014). Pada kurikulum 2009, mata kuliah ini bernama Ilmu Ukur Tanah (IUT). Adapun isi mata kuliah Pemetaan I ini adalah gabungan dari IUT I (pengukuran levelling dengan waterpass) dan IUT II (pengukuran poligon dan tachimetri dengan alat theodolit) pada kurikulum 2009.

Tujuan dari mata kuliah ini adalah, mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini mampu memahami dan mempraktekkan teori, perhitungan, dan pelaksanaan kegiatan ukur-tanah datar (plane survey), dengan menggunakan alat waterpass dan theodolit, sesuai dengan standard SNI.

Capaian Pembelajaran

Mahasiswa mampu memahami dan mempraktekkan teori, perhitungan, dan pelaksanaan kegiatan ukur-tanah datar (plane survey), dengan menggunakan alat waterpass dan theodolit, sesuai dengan standard SNI (C4, P3).

Capaian Pembelajaran

Mampu menganalisis respon sistem linear dengan input acak menggunakan konsep probabilitas dan proses stokastik.

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengenalkan teori probabilitas dan proses stokastik beserta aplikasinya dalam bidang teknik elektro. Tiga tujuan utama dari mata kuliah ini, yaitu mengenalkan logika teori probabilitas, mengembangkan intuisi mahasiswa bagaimana teori tersebut dapat diterapkan pada situasi praktis, dan bagaimana teori probabilitas dan proses stokastik dapat diaplikasikan untuk memecahkan persoalan rekayasa terutama dalam bidang teknik elektro.

Untuk mencapai tujuan tersebut, bahasan utama dalam mata kuliah ini meliputi: (1) model probabilitas beserta contoh aplikasinya; (2) konsep variabel acak beserta model fungsi probabilitas; (3) konsep dasar dan contoh proses stokastik beserta aplikasi proses dalam sistem linear time invariant (LTI).

 

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Umum (General Learning Outcome) :

Mahasiswa akan dapat menghitung kebutuhan penulangan elemen-elemen struktur bangunan  serta mewujudkan hasil perhitungan tersebut kedalam gambar. (C3, P3).

Capaian Pembelajaran Spesifik (specific Learning Outcome): 

1. Mahasiswa dapat memahami penggunaan beton bertulang sebagai bahan bangunan.

2. Mahasiswa memahami prinsip metode kekuatan batas untuk perhitungan elemen struktur beton

3. Mahasiswa mampu menghitung kebutuhan penulangan elemen struktur bangunan akibat lentur, geser dan torsi.

4. Mahasiswa mampu menghitung panjang penyaluran tulangan

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep Penggunaan beton bertulang sebagai bahan bangunan, Metoda kekuatan batas pada struktur beton, Lentur pada struktur beton bertulang, Tegangan lekatan dan Panjang penyaluran tulangan, Lentur pada komponen pelat, Pondasi pelat,  Lentur dengan gaya aksial (Kolom), Geser oleh lentur dan puntir dan pemasangan tulangan geser oleh lentur dan puntir, dan Konsol Pendek.

Mata kuliah Sistem Pengendalian Otomatis dirancang 4 sks, untuk mahasiswa Teknik Fisika dan Teknik Elektro. MK ini membahas tentang “pentingnya sistem pengendalian otomatis”, “model matematis dari sistem yang dikendalikan”, “respon sistem yang dikendalikan”, “identifikasi kestabilan sistem yang dikendalikan berdasarkan letak kedudukan akar (plot root locus)”, “dentifikasi sistem berdasarkan respon frekuensi”, “berbagai tipe pengendali”, “strategi dalam merancang pengendali serta pemodelan sistem berdasarkan persamaan keadaan”.

Untuk dapat mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa harus mampu menyelesaikan persamaan diferensial dengan menggunakan transformasi Laplace dan menganalisis model sistem dinamik.

Di akhir mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu melakukan perancangan (C5, P4) sistem pengendalian otomatis dengan logika yang benar baik secara mandiri atau juga dalam kerjasama tim (A3).

Berikut Materi Workshop KDITT ITS