Mata kuliah ini mempelajari tentang perhitungan integral lipat, penyelesaian persamaan diferensial biasa, pengembangan suatu fungsi dalam bentuk deret fourier, penyelesaian persamaan diferensial dengan transformasiLaplace, penyelesaian persoalan-persoalan yang berhubungan dengan kalkulus vector. Dengan Metode pembelajaran meliputi kuliah pengantar; Brainstroming; Ujian Tulis (Kuis, ETS dan EAS)

Mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar teknologi partikel pada bidang-bidang/industri yang memerlukan pengetahuan untuk proses dan penanganan partikel dan powder.

TUJUAN:

Mahasiswa mamahami gejala perubahan fisika yang meliputi perubahan fasa, fenomena permukaan dan peristiwa elektrolitik, dan pembentukan zat koloid.
 

MATERI POKOK:

Review wujud zat (gas, cair dan padat); fenomena Permukaan (tegangan permukaan, tegangan antar muka, adsorpsi); koloid (emulsi, foam, suspensi, gel); sifat perpindahan (viskositas, konduktivitas, difusivitas); elektrokimia; teori kinetika gas; sifat koligatif larutan; larutan non elektrolit dan elektrolit 

Mata kuliah ini mempelajari tentang penyelesaian problem pada unit-unit operation dengan mengintegrasikan Hukum I & II Thermodinamika; Dapat menggunakan equation of state (EoS) secara akurat dalam menghitung properti fluida murni dan menyadari keterbatasan dari model-model EoS yang ada; Dapat menghitung panas reaksi dan efek panas pada reaksi-reaksi yang terjadi didalam industri; Dapat mengaplikasikan Hukum I dan II Thermodinamika dalam mendesain maupun menganalisis unit operation seperti Throtling, pompa, heat exchanger, ejector, pompa, kompresor dan menerapkannya pada proses siklus pembangkit tenaga, refrigerasi dan liquefaction. Mengenal peran thermodinamika dalam comercial process simulations. Dengan metode pembelajaran kuliah pengantar; Brainstroming; Ujian Tulis (meliputi kuis,ETS & EAS) dan diskusi kelompok.