Mekanika Teknik Tegangan

Konsep Teknologi yang dipersembahkan untuk memberikan pandangan baru dalam memanfaatkan potensi material di sekeliling kita dan berdampak ramah lingkungan. (Ridho Bayuaji)

MEKANIKA TEKNIK STATIS TAK TENTU

Pemahaman mahasiswa tentang konsep mekanika teknik sebagai ilmu dasar di teknik Sipil belum signifikan menyentuh ketrampilan khusus profesi Teknik Sipil, khususnya ketrampilan memahami kinerja struktur. Khususnya MTSTT masih dianggap mata kuliah yang “menakutkan” dan “seram”. Penulis mengakui tidak mudah membangun “jembatan” yang mampu mengantar mahasiswa meraih capaian pembelajaran “pemahaman kinerja struktur yang kompleks”. Kemanfaatan yang nyata di mindset mahasiswa belum tergambar dengan baik, kenapa MTSTT itu perlu dipahami dengan sebaik mungkin.

Jembatan ini berupa strategi metode pembelajaran, agar mahasiswa menemukan antusiasnya dan pemahaman yang menyenangkan di MTSTT. Bagaimana menanamkan mindset bangga sebagai seorang Insinyur Teknik Sipil Terapan yang dapat memberi manfaat luas, khususnya dalam pembangunan infrastruktur. Hal itu yang menjadikan niat dan motivasi yang tinggi bagi penulis untuk menulis buku ini dengan bahasa yang telah didesain sesederhana mungkin agar terasa menyenangkan membaca dan belajar buku MTSTT ini.

Harapan besar penulis dengan terbitnya buku ini akan membangun pemahaman mahasiswa terhadap konsep kesetimbangan statika di setiap perencanaan struktur baik yang sederhana maupun yang kompleks. Selain itu, buku ini dapat menjadi pegangan semua pengguna jasa Teknik Sipil dalam mengambil kebijakan yang berkenaan dengan pekerjaan Teknik Sipil, khususnya kinerja struktur.

Buku ini akan menjelaskan persamaan deformasi di bab 3 (Metode Consistant Deformation, CD) yang digunakan untuk menyelesaikan gaya reaksi yang jumlahnya melebihi persamaan statika (Mekanika Teknik Statis Tentu). Dasar untuk dapat memahami persamaan deformasi, digunakan metode unit load (Bab 1) dan konsep derajad struktur statis tidak tentu (Bab 2). Bab 4 menjelaskan metode momen distribusi, metode yang lebih sederhana dibandingkan metode CD. Garis pengaruh balok menerus yang termasuk kategori Struktur Statis Tak Tentu dibahas di Bab 5. Bab 6 menjelaskan analisa struktur dengan metode matriks sebagai dasar pemrograman analisa struktur menggunakan software. Penutup bab 7 menjelaskan prinsip elemen struktur baik diaplikasikan sebagai balok, kolom, shear wall, balok menerus dan kombinasi elemen.

Dengan terselesaikannya penulisan buku ini tentu saja berkat bantuan dan limpahan perhatian yang luar biasa dari banyak pihak. Pertama-tama penulis haturkan rasa syukur alhamdulillah yang tak terhingga atas pertolongan berupa kasih dan sayang yang sejati dari Allah SWT Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Berkat pertolonganNya yang terus menerus tiada henti membimbing dan menuntun penulis dapat menjadikan buku ini diselesaikan dengan baik.

Penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada lembaga yang telah memberikan fasilitas selama buku ini ditulis dan akhirnya dapat diterbitkan: Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dan Ketua Jurusan Teknik Sipil serta Ketua Program Studi Diploma Teknik Sipil.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada pihak-pihak yang telah membantu selama proses penulisan buku MTSTT, khususnya Pak Boy dan Pak Didik.

Akhirnya, pepatah menyatakan tidak ada padi bernas setangkai, buku ini belum dapat dinyatakan buku yang sempurna. Artinya, buku ini perlu untuk disempurnakan secara terus menerus agar pada akhirnya buku ini akan banyak memberikan kemanfaatan. Sehubungan dengan itu segala kritik dan saran yang membangun akan senantiasa saya terima dengan hati terbuka.

PENULIS

RIDHO BAYUAJI