Selamat datang di materi perkuliahan Sistem Komunikasi Nirkabel (SKN). SKN merupakan solusi teknologi untuk layanan komunikasi antar manusia maupun perangkat yang bergerak di lokal maupun area yang luas. Teknologi SKN telah berkembang untuk memfasilitasi komunikasi multimedia, dari kapasitas kecil sampai pita lebar yang memanfaatkan frekuensi rendah (suara), radio hingga frekuensi cahaya.

Pembahasan teknologi SKN diutamakan pada frekuensi radio, dengan berbagai mode: point to point, broadcast, multicast maupun jaringan. Jaringan SKN menerapkan teknik penggunaan kembali frekuensi (frequency reuse) yang digunakan pada teknologi seluler agar dapat memenuhi kebutuhan kapasitas. Sistem dan jaringan seluler akan menjadi pokok bahasan utama yang mewakili perkembangan teknologi nirkabel yang diterapkan.

Mata kuliah Sistem Komunikasi Nirkabel membahas karakteristik kanal radio bergerak, prinsip sistem komunikasi nirkabel, standar teknologi dan arsitektur sistem komunikasi nirkabel, teknik akses jamak, modulasi ortogonal, MIMO. Selanjutnya pembahasan analisis kinerja serta perencanaan dan kinerja jaringan komunikasi nirkabel bergerak.