Mata Kuliah Semester Gasal Program Studi Diploma -4 Teknik Sipil FTSP-ITS

Welcome to our E-English learning mode. This E-English mode aims to facilitate your learning. Through this mode of learning, you can enhance your English subject learning outside the classroom meeting approach. In this E-English mode, we provide some concept on reading strategies, several texts to study, exercises, grammar concepts and writing exercises. In this mode, you also can share your feeling, ideas and comments through forum facility or you may discuss things related to your English language learning, classroom teaching-learning, or task given. Enjoy your learning.

Source: http://share.its.ac.id/course/view.php?id=586

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah utama wajib, yaitu gugus mata kuliah penyusun aspek penguasaan pengetahuan penciri program studi yang diwajibkan. Mata kuliah ini memberikan dasar reaksi yang terjadi pada balok sederhana dan balok gerber serta rangka batang sederhana akibat beban terpusat, merata dan berjalan. Nilai minimum mata kuliah ini adalah C (nilai angka : 56 s.d. 60).

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah utama wajib, yaitu gugus mata kuliah penyusun aspek penguasaan pengetahuan penciri program studi yang diwajibkan. Mata kuliah menggunakan alat ukur survei waterpass , serta bisa menghitung dan menggambar hasil survei waterpas memanjang , waterpas melintang dan bisamenggunakan alat ukur survei Theodolith untuk membuat kerangka poligon , yaitu bisa membidik, mengamatisudut horizontal, sudut vertikal menghitung dengan ketelitian sesuai persyaratan. Serta mampu mengoreksi danmengarahkan hasil pengukuran  surveyor di  bawahnya. Nilai minimum mata kuliah ini adalah C (nilai angka : 56 s.d. 60).

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah utama wajib, yaitu gugus mata kuliah penyusun aspek penguasaan pengetahuan penciri program studi yang diwajibkan. Mata kuliah memberikan pengenalan dan pemahaman dasar gambar teknik bangunan teknik sipil dengan menggunakan software CAD. Nilai minimum mata kuliah ini adalah C (nilai angka : 56 s.d. 60).

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pendukung, yaitu gugus mata kuliah yang mendukung aspek penguasaan pengetahuan penciri program studi. Mata kuliah ini memberikan penyegaran vektor dan skalar, keseimbangan gaya, gerak dipercepat beraturan, Hukum Newton, usaha dan energi, impuls dan momentum, kerapatan massa dan elastisitas, statika dan dinamika fluida. Nilai minimum mata kuliah ini adalah D (nilai angka : 41 s.d. 55).

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pendukung, yaitu gugus mata kuliah yang mendukung aspek penguasaan pengetahuan penciri program studi. Mata kuliah ini memberikan penyegaran terkait turunan, integral, contoh-contoh integrasi tertentu dan tak tentu dalam teknik sipil, persamaan deferensial ordiner (PDO) dan optimasi linear menggunakan grafik untuk kasus teknik sipil. Nilai minimum mata kuliah ini adalah D (nilai angka : 41 s.d. 55).