Mata kuliah terbuka ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai konsep dan step-by-step dalam memetakan strategi bisnis perusahaan dan menurunkannya menjadi strategi TI dengan menggunakan metode IT Balanced Scorecard. Berdasarkan IT Balanced Scorecard ini akan dihasilkan strategi teknologi informasi, inisiatif strategi atau program kerja, key performance indicators yang selaras dengan stategi bisnis.

Nama Mata Kuliah : Manajemen Resiko Teknologi Informasi
Kode Mata Kuliah : KS091327
Jumlah SKS : 4 SKS
Semester : 7 (tujuh)
Bentuk Kompetensi Mata Kuliah : Kemampuan mengantisipasi dan merespon dampak penggunaan TI

Setiap organisasi pasti memiliki sasaran/target yang ingin dicapai. Teknologi Informasi (TI) tentunya berperan siginifikan bagi organisasi untuk mencapai sasarannya. Oleh karenanya, sebagai penopang bisnis organisasi, TI diharapkan untuk selalu dapat diandalkan dalam kondisi apapun. Namun demikian, terdapat banyak risiko yang dapat mengganggu keberlangsungan TI dalam mendukung keberlangsungan bisnis. Risiko-risiko tersebut harus dapat diketahui sedini mungkin sehingga departemen TI dapat membentuk strategi dan melakukan tindakan mitigasi agar risiko tersebut tidak mengganggu pencapaian sasaran organisasi.

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar mampu mengidentifikasi berbagai kemungkinan risiko yang dihadapi oleh departemen TI dalam rangka mendukung pencapaian sasaran organisasi. Setelah mengetahui risiko TI dalam organisasi, mahasiswa juga diharapkan mampu merumuskan opsi mitigasi bagi departemen TI dalam upaya menjaga keberlangsungan bisnis yang didukung oleh TI.