Admin: Sdr. Seno Praswoto, Sdr. M. Nur Qomarudin

Pelatihan Share ITS

Panduan pemanfaatan Share ITS untuk blended learning

Matakuliah ini memberikan pemahaman dan skill kepada mahasiswa untuk mampu mengidentifikasi, dan mengevaluasi peluang usaha berbasis teknologi sesuai dengan bidang keahlian mahasiswa, serta mengembangkan peluang usaha tersebut.
Mata kuliah ini menggabungkan pengenalan teori dan praktek langsung (hands-on experience) secara terintegrasi dalam mengembangkan ide dan peluang usaha. Pada akhirnya mahasiswa diharapkan mampu menuangkan peluang usaha kedalam business plan yang efektif.

Mata kuliah ini mempelajari tentang Basis perhitungan, Temperatur, Tekanan, Stoichiometri dan reaksi tidak sempurna; Neraca massa : Konsep neraca massa, Strategi penyelesaian problema Neraca Massa, Neraca Massa yang tidak diikuti reaksi Kimia, Neraca Massa yang diikuti reaksi Kimia, Neraca Massa didalam multisubsistem; Gas dan uap : Gas Ideal, Tekanan uap jenuh, Kejenuhan, Neraca Massa yang meliputi kondensasi dan penguapan. Dengan Metode pembelajaran meliputi kuliah pengantar; Brainstroming; Ujian Tulis (Kuis, ETS dan EAS).

 

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

Mata Kuliah Pengenalan Desain Permainan Jurusan Teknik Multimedia dan Jaringan

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar mampu mengidentifikasi berbagai kemungkinan risiko yang dihadapi oleh departemen TI dalam rangka mendukung pencapaian sasaran organisasi. Setelah mengetahui risiko TI dalam organisasi, mahasiswa juga diharapkan mampu merumuskan opsi mitigasi bagi departemen TI dalam upaya menjaga keberlangsungan bisnis yang didukung oleh TI.

Mata kuliah pemodelan regresi linier, sks 2/1/0

Pengantar ilmu komputer adalah matakuliah dasar mengenai definisi dan manfaat komputer. 

Pokok bahasan matakuliah ekonometrika:

Definisi dan Ruang Lingkup Ekonometrika, Tahapan dalam metodologi penelitian ekonometrika, Model-model ekonometrika, Analisis Regresi, Multikolinearitas, heteroskedastisitas, otokorelasi, Regresi non linear, Regresi dengan variabel dummy, Regresi dengan variabel respon kualitatif, Model Regresi dengan data panel, Model Dinamis, STUDI KASUS

Prasayarat:

  • Telah mengikuti Pengantar Ilmu Ekonomi dan nilai minimum D
  • Telah mengikuti Metode Regresi dan nilai minimum D

Pokok Bahasan :

Dasar-dasar  Teori Ilmu Sosial dan Sosiologi, Paradigma, teori, etika dalam Riset Sosial,  Konseptualisasi, Operationalisasi dan Pengukuran dalam Riset Sosial, Riset Sosial Kualitatif, Riset Sosial Kuantitatif, Mendesaian Riset Sosial, Mendesaian Sampling, Membuat Kuisioner dan menguji validitas dan Reliabilitas kuisioner,  Pengumpulan data dan manajemen data dalam riset sosial, Pengolahan data dan Analisis Statistik dalam Riset Sosial, Pembuatan laporan hasil Riset Sosial secara tertulis dan lisan.

Prasyarat :  

Telah mengikuti Teknik Sampling dan Survey dan nilai minimum D

 

Pada mata kuliah Perkembangan Hewan akan dipelajari konsep tahapan perkembangan embrio, proses gametogenesis dan fertilisasi. Jjuga akan disampaikan zat teratogen yang dan efeknya terhadap perkembangan embrio.

Dengan demikian, mahasiswa akan memiliki pemahaman mengenai perkembangan hewan yang mana akan bermanfaat dalam bidang ilmu biologi lain, termasuk teratologi dan teknologi reproduksi hewan.

Deskripsi:

Teori Arsitektur adalah Mata Kuliah yang berbasis pengetahuan Arsitektur yang mencakup teori-teori di bidang Arsitektur, dengan berbagai sudut tinjau seperti substansi, tujuan, acuan filsafat, isyu, dan lainnya.

Tujuan Pembelajaran :

1. Memahami pengertian teori arsitektur dari berbagai pemikiran.
2. Memahami pengaruh Teori Arsitektur dalam proses berarsitektur terkait dengan isyu dan konteks
3. Mampu melakukan pencarian dan penyelidikan sistematik, mengkomunikasikan gagasan/teori dalam wujud grafis, tulisan dan lisan secara kritis dan bekerjasama dalam kelompok

Mata kuliah SISTEM INFORMASI PERENCANAAN diselenggarakan selama 16 kali perkuliahan oleh masing-masing 2 (dua) dosen tiap kelas, dengan dibantu oleh 2 asisten/instruktur praktikum tiap kelasnya. Pada dasarnya mata kuliah ini terbagi atas 2 hal pokok, yaitu bagian 1 mengenai konsep dasar dan teori yang diselenggarakan selama 5 kali tatap muka / minggu dan 1 kali evaluasi, dan bagian II mengenai praktikum dalam membangun Sistem Informasi Perencanaan untuk tiap kasus studi yang diselenggarakan selama 8 kali praktikum / minggu dan 1 kali evaluasi (presentasi) selama 2 kali pertemuan.

Kuliah ini berisi pemahaman dan penguasaan, dengan menggunakan perangkat komputer (hardware) maupun piranti lunaknya (software) pada teknik-teknik pengumpulan, pengolahan, dan analisis data untuk perencanaan, agar mahasiswa dengan bantuan komputer tersebut mampu mengumpulkan, mengelola, dan menganalisa data, sehingga data-data yang tersebut dapat menjadi masukan yang bermanfaat dalam penyusunan rencana tata ruang maupun produk-produk perencanaan lainnya.

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.

Gambar

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari tentang perangkat keras dan perangkat lunak serta pengetahuan tentang konsep pemrograman komputer yang berkaitan dengan ilmu geomatika. Perkuliahan dilakukan di kelas, dan untuk kegiatan laboratorium mahasiswa memiliki pengalaman membuat aplikasi program menggunakan salah satu jenis bahasa pemrograman (Matlab, Bahasa C++, Phyton atau lainnya). Selain itu, dibahas pula tentang visualisasi spasial menggunakan salah satu aplikasi bahasa pemrograman (VB, Delphi, Mapserver atau lainnya). Dalam kuliah ini, akan disampaikan juga studi kasus tentang pembuatan aplikasi sederhana untuk visualisasi spasial.

Pada mata kuliah ini, materi yang akan diberikan adalah: pengenalan lingkungan badan air dan pesisir yang meliputi karakteristik fisika, kimia dan biologi dan keragaman hayatinya, sumber-sumber dan jenis pencemar serta dampaknya, transpor dan transformasi pencemar, metode pengendalian pencemaran, teknologi pemulihan badan air dan pesisir (dirinci teknologinya),  manajemen wilayah pesisir, bangunan pelindung pantai, pengelolaan sumber daya alam wilayah pesisir, regulasi pengendalian pencemaran badan air. Kuliah dilengkapi Tugas: studi kasus dan praktikum.

Mata kuliah ini diberikan pada semester IV dengan beban SKS 3.

Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar tentang pengetahuan bahan teknik, pemilihan bahan dan pemanfaatannya. Metode uji mekanik dan standar dari spesimen benda uji, dibahas dalam perkuliahan di kelas dan di laboratorium, sehingga mahasiswa mampu melakukan uji metallografi dan uji mekanik dengan standar ASTM, JIS, DIN atau lainnya. Selain itu, dibahas pula tentang logam ferrous, logam non ferrous da bahan bukan logam, sifat fisis, diagram fase dan pola perbaikan sifat mekanik bahan. Dalam kuliah ini, akan disampaikan juga studi kasus tentang yang berhubungan dengan pemilihan bahan, dan kegagalan bahan dan cara penanggulangannya, faktor-faktor yang berpengaruh pada sifat bahan dan penentuan proses dalam perbaikan sifat bahan, sehingga mahasiswa akan memiliki pengalaman belajar untuk berfikir secara kristis dan mampu menerapkan pemilihan bahan yang sesuai dengan fungsi, proses kerja dan untuk perancangan elemen mesin tentang pemanfaatan teknologi bahan dibeberapa bidang seperti energi, lingkungan, pangan, kesehatan dan mampu memberikan keputusan yang tepat tentang penggunaan teknologi bahan dalam kehidupan. 

Geologi Struktur adalah ilmu yang mempelajari deformasi batuan temasuk jenis-jenisnya, klasifikasi, deskripsi geometri dan mekanisme pembentukannya.   Kuliah ini meliputi pengetahuan tentang konsep dasar, observasi, pengukuran dan teknik pengolahan data  struktur dari lapangan.

Teknik Cor

mempelajari tentang metode pengecoran logam. Pembahasan Teknik Cor terbagi menjadi 3 pembahasan utama yaitu mold design, proses peleburan, metalurgi cor dan jenis proses pengecoran

 

Mata kuliah ini membahas tentang penerapan laser dan serat optik dalam berbagai aplikasi di Industri. Capaian pembelajaran yang diharapakan adalah mahasiswa mampu menerapkan IPTEK laser dan serat optik dalam aplikasi metrologi, industri, komunikasi dan medis.http://blog.blackbox.com/technology/wp-content/uploads/2011/12/Fiber-optic-cable-1038x576.jpg

Tuliskan Deskripsi Mata Kuliah di sini.