DESKRIPSI MATA KULIAH

Matakuliah ini berisi konsep, gambaran dan arahan dalam menformulasikan, memodelkan, serta melakukan simulasi terhadap sistem diskrit maupun sistem kontinyu untuk menganalisis kebijakan dan strategi, untuk mengatur dan meningkatkan kinerja organisasi.

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

  • Mahasiswa mampu menformulasikan, memodelkan dan melakukan simulasi terhadap sistem yang mencakup sistem diskrit maupun sistem kontinyu untuk memberikan masukan dalam memformulasikan kebijakan yang dapat meningkatkan kinerja organisasi
  • Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis kinerja organisasi terkait dengan struktur internal dan kebijakan operasional, pelanggan, pesaing, dan pemasok.
  • Mahasiswa mampu mengeksplorasi isu-isu strategis seperti penjualan berfluktuasi; produksi dan pendapatan; pertumbuhan pasar dan stagnasi; difusi teknologi baru; penggunaan dan kehandalan prakiraan; serta rasionalitas pengambilan keputusan bisnis.
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menangani situasi di mana intervensi kebijakan diperlukan untuk mengakomodir reaksi tak terduga dan melihat dampaknya terhadap sistem organisasi.
  • Mahasiswa memiliki pengalaman dalam mengembangkan dan menguji model simulasi komputer dengan pengaturan input dan proses yang beragam melalui perangkat lunak tertentu.