DESKRIPSI MATA KULIAH

Pada mata kuliah ini disajikan topic-topic terbaru dalam bidang analisis, aljabar dan terapannya Kajian dari paper dan makalah terkaitan topik untuk selanjutnya disajikan mahasiswa dalam bentuk presentasi. Dari kuliah ini diharapkan muncul topic-topik tesis

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI YANG DIDUKUNG

1.1.1 Mampu mengembangkan konsep-konsep matematika.

1.2.1 Mampu mengikuti ilmu baru dan mengembangkannya untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji sesuai bidang pekerjaannya.

1.2.2 Mampu mengembangkan pola pikir matematika untuk menempuh studi lanjut.

2.1.1 Mampu mengembangkan kekinian sains dan teknologi dengan cara menguasai dan memahami, pendekatan, metode, kaidah ilmiah disertai ketrampilan penerapannya pada bidang analisis dan aljabar terapan, pemodelan dan optimasi sistem, atau ilmu komputer.

2.1.2 Mampu mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan real di bidang keahliannya melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah.

2.2.1 Mampu mengembangkan teori fundamental matematika yang meliputi ruang dan struktur matematika. 3.1.2 Mampu mengkomunikasikan hasil riset dalam forum ilmiah di tingkat nasional atau internasional.

4.4.1 Mampu bekerjasama

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

1. Mahasiswa mampu mengkaji topik-topik baru analisis, aljabar dan terapannya

2. Mahasiswa mampu mengkaji paper/makalah yang berkaitan tentang topic tersebut

3. Mahasiswa mampu menyajikan dalan bentuk presentasi dan tulisan

POKOK BAHASAN

Topik –topik baru tentang analisis, aljabar dan terapannya

PRASYARAT PUSTAKA UTAMA

Teks books dan Paper terkait PUSTAKA PENDUKUNG

DESKRIPSI MATA KULIAH

Pada Mata kuliah ini disajikan suatu kajian dari suatu konsep fundamental Aljabar Min Max Plus. Pembahasan ditekankan pada aspek Teori dan Aplikasi. Selanjutnya diberikan pemahaman Petri net secara umum, khususnya keterkaitan dengan max plus aljabar dan diberikan kemampuan untuk dapat melakukan komputasi numerik di setiap bahasan dengan menggunakan SCILAB Max Plus Algebra Toolbox. Pembahasan berbasis masalah adalah suatu bagian yang terintegrasi dalam kuliah. Penilaian hasil belajar dilakukan melalui evaluasi tulis, tugas-tugas kegiatan presentasi peserta didik dan diskusi di klas.

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI YANG DIDUKUNG

1.1.1 Mampu mengembangkan konsep-konsep matematika.

2.1.1 Mampu mengembangkan kekinian sains dan teknologi dengan cara menguasai dan memahami, pendekatan, metode, kaidah ilmiah disertai ketrampilan penerapannya pada bidang analisis dan aljabar terapan, pemodelan dan optimasi sistem, atau ilmu komputer

2.1.2 Mampu mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan real di bidang keahliannya melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah

2.2.2 Mampu mengidentifikasi masalah dan mengembangkan model matematika yang relevan serta menganalisis perilakunya

3.1.1 Mampu mengkaji dan memahami permasalahan matematika serta menghubungkan dengan riset di bidang lain

3.1.2 Mampu mengkomunikasikan hasil riset dalam forum ilmiah di tingkat nasional atau internasional

4.4.1 Mampu bekerjasama

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

1. Mahasiswa secara matang mampu mengembangkan matematika dan menulis bukti matematika secara baku

2. Mahasiswa mampu mengembangkan suatu pemahaman konsep dan dapat menarik kesimpulan hipotisis dan teori khususnya ide aljabar min max plus untuk masalah komputasi numerik

3. Mahasiswa mempunyai kemampuan untuk menggunakan pemahamannya dan menganalisa masalah model matematika , khususnya masalah penjadwalan dan bidang disiplin lain yang terkait.

4. Mahasiswa mampu mengembangkan pemahaman kerangka matematematika yang mendukung sain dan teknologi, dan matematika serta mengkomunikasikan hasil pengembangan pemahamannya secara lisan dan tulisan .

POKOK BAHASAN

a. Aljabar Max Plus, Aljabar Min Plus, Vektor dan Matriks

b. Teori Spektral

c. Contoh-Contoh Aplikasi

d. Petri Nets

PRASYARAT

Aljabar Linier Lanjut

PUSTAKA UTAMA

1. Subiono., "Catatan Kuliah : Ajabar Min Max Plus ", Jurusan Matematika FMIPA-ITS, 2014.

2. F., G. Cohen, G.J. Olsder, and J.-P. Quadrat, "Synchronization and Linearity", John Wiley and Sons, Now York, 1992. Buku ini dapat juga di download dari Web site http://www-rocq.inria.fr/metalau/cohen/SED/book\-online.html

3. Bernd Heidergott, Geert Jan Olsder, and Jacob van der Woude, " Max Plus at Work

4. Modelling and Analysis of Synchronized System: A Course on Max-Plus Algebra and Its Application", Princeton University Press, Priceton and Oxford, 2006.

5. Subiono, "On Classes of Min-Max-Plus Systems and Their Applications",

6. PhD thesis, Delft University of Technology, The Netherlands, 2000.

7. Dieky Adzkiya. " Membangun Model Petri Net Lampu Lalulintas dan Simulasinya". Tesis, JurusanMatematika ITS, Surabaya, 2008.

DESKRIPSI MATA KULIAH

Analisis dan Pengolahan Citra merupakan mata kuliah yang berisi konsep dasar matematika yang diterapkan untuk pengolahan citra serta algoritma-algoritma untuk pengolahan citra. Konsep-konsep dasar matematika yang dibahas meliputi , yaitu transfromasi fourier, transformasi wavelet dan morphological mathematical. Teknik-teknik pengolahan citra meliputi enhancement, restorasi, segmentasi dan pemampatan citra.

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI YANG DIDUKUNG

1.1.1 Mampu mengembangkan konsep-konsep matematika.

1.1.3 Mampu menerapkan kerangka berpikir matematika dan prinsip komputasi untuk menyelesaikan permasalahan pengembangan sistem cerdas.

2.1.1 Mampu mengembangkan kekinian sains dan teknologi dengan cara menguasai dan memahami, pendekatan, metode, kaidah ilmiah disertai ketrampilan penerapannya pada bidang analisis dan aljabar terapan, pemodelan dan optimasi sistem, atau ilmu komputer.

2.2.3 Mampu mengembangkan konsep matematika dan algoritma untuk menyelesaikan permasalahan komputasi.

3.1.2 Mampu mengkomunikasikan hasil riset dalam forum ilmiah di tingkat nasional atau internasional. 4.4.1 Mampu bekerjasama

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

1. Mampu memahami dan mengembangkan konsep dan tehnik dasar pengolahan citra

2. Mampu memahami algoritma pengolahan citra dan mengimplementasikannya dengan bahasa pemrograman.

3. Mampu menerapkan teknik-teknik pengolahan citra untuk aplikasi pengolahan citra yang lebih kompleks secara individu maupun dalam kelompok dalam bentuk presentasi atau makalah.

POKOK BAHASAN

1. Konsep-konsep pengolahan citra

2. Pendahuluan Matematika

3. Teknik Pengolahan Citra meliputi enhancement, restorasi, kompresi dan registrasi citra

4. Analisis Citra meliputi segmentasi, deteksi tepi, ekstraksi cirri-ciri, deskripsi dan pengenalan citra

5. Morphological Mathematical Image Processing

PRASYARAT PUSTAKA UTAMA

1. R. C. Gonzalez and R. E. Woods, “Digital Image Processing, Third Edition”, Pearson, 2008

2. John C. Russ, “The Image Processing Handbook, Sixth Edition”, CRC Press, 2011.

PUSTAKA PENDUKUNG

1. Bhabatosh, Majumder, Dwijesh Dutta, “Digital Image Processing And Analysis”, Prentice Hall,2006

2. Gonzalez, Woods, and Eddins, “"Digital Image Processing Using MATLAB (DIPUM)", Prentice Hall, 1st edition , 2004