Quiz to pass the course: Unix shell

https://bagustris.github.io/shell-tutorial/ 

Mahasiswa mampu menggunakan konsep rangkaian listrik untuk menyelesaikan problem dalam suatu rangkaian. Informasi lebih lengkap di sini

Mata Kuliah ini mempelajari tentang :

Konsep-konsep dasar fisika yang berhubungan dengan Medan listrik , Arus listrik, Medan Magnet, Rangkaian arus bolak balik, Fisika Modern dan Optik

MATA KULIAH INI MEMPELAJARI TENTANG :

1.      Karakteristik Bising Lingkungan,
2.      Tingkat Bunyi Beban Jaringan A,
3.      Perceived Noise Level,
4.      Tingkat Tekanan Bunyi Ekuivalen,
5.      Tingkat Tekanan Bunyi Yang Dilampaui N % dari waktu,
6.      Penilaian kebisingan Siang malam berdasar SK Menteri Lingkungan Hidup RI,
7.      Day Nigh average sound level,
8.      Noise Pollution,
9.      Traffic Noise Index,
10.  Noise disturbance, Noise Index,
11.  Community Noise Exposure level,
12.  Effective Perceived Noise level

MK Getaran / Vibrasi Teknik Fisika ITS. Pada mata kuliah ini anda diharapkan mampu menghitung dan mengidentifikasi sistem getaran serta memberikan solusi atas permasalahan sistem getaran berdasarkan analisa dan perhitungan yang anda lakukan.

Materi:

  1. Parameter-parameter getaran
  2. Macam-macam getaran
  3. Persamaan getaran:
    1. Metode Newton
    2. Metode Energi
    3. Metode Lagrange
  4. Superposisi getaran:
    1. Diagram Phasor
    2. Superposisi getaran dengan Phase Awal Suksessif
    3. Superposisi Getaran Searah
    4. Superposisi Getaran Orthogonal
  5. Frekuensi Natural
  6. Bentuk-bentuk Gaya Eksitasi
  7. Respon Sistem 1 Derajat Bebas
  8. Transmissibilitas
  9. Getaran Dua Derajat Bebas
    1. Persamaan Gerak
    2. Frekuensi Natural
    3. Respon Sistem
  10. Getaran Media Kontinyu
    1. Batang
    2. Plate

MEMPERLAJARI ILMU AKUSTIK 

Materi online, Mata Kuliah Matematika 2, Departemen Teknik Fisika ITS

Kompetensi :

mahasiswa mampu menerapkan beberapa konsep Kalkulus II dalam penyelesaian persoalan aplikasi matematika secara benar.

Tujuan Pembelajaran

Mahasiswa mampu menganalisis sinyal yang berinteraksi dalam suatu sistem linier dan time invariant (LTI) serta penerapannya dalam sistem instrumen.

Mata Kuliah : Sistem Fuzzy

Kode/bobot/Semester : RF1507/ 2 sks / VIII

Tujuan Pembelajaran (Learning Objective):

Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep (logika) fuzzy dalam berbagai bidang sistem rekayasa.

Kompetensi (KU1,KU3,KU6,KU8,KP3,KL3):

1. Mahasiswa mampu menjelaskan dengan benar komsep dan contoh aplikasi (logika) fuzzy dalam berbagai sistem rekayasa (KU1,KU3),

2. Mahasiswa mampu merumuskan dengan tepat aplikasi (logika) fuzzy dalam berbagai sistem rekayasa (KU1,KU3,KU6,KU8),

3. Mahasiswa mampu menggunakan perangkat lunak (MATLAB) untuk merancang system rekayasa berbasis (logika) fuzzy (KU1,KU3,KU6,KU8,KP3,KL3),

4. Mahasiswa mampu bekerjasama dan berfikir kreatif dalam mengimplementasi konsep (logika) fuzzy dalam berbagai sistem rekayasa, serta mempresentasikan hasil berfikir kreatif tersebut (KU1,KU3,KU6,KU8,KP3,KL3).

Pokok Bahasan (Subject Matter):

A. Pengantar Sistem Fuzzy.

· Pengantar : apa dan mengapa menggunakan fuzzy?, kalsifikasi Sistem Fuzzy.

· Matematika sistem fuzzy : himpunan fuzzy, operasi himpunan fuzzy, logika fuzzy, variabel linguistik

· Sistem fuzzy : kaidah dasar kaidah fuzzy, fuzzyfikasi dan defuzzifikasi, mesin penalaran fuzzy.

B. Fuzzy Clustering.

· Membangun kaidah fuzzy dari data input-output dengan menggunakan metoda clustering; Fuzzy C-Means (FCM) dan Fuzzy Substractice Clustering (FSC).

C. Fuzzy Neurel Network.

· Konsep dasar Biological Neuronal Morphology, Biological Neuronal Morphology dan Fuzzy Neurel Network.

· Fuzzy Neural Network Architectures, Learning Scheme: Adapting The Knowledge Base dan Membangun ANFIS dengan Toolbox MATLAB : Studi Kasus.

Pustaka Utama :

1. Syamsul Arifin,Aulia Siti Aisjah, Sistem Fuzzy, ITS, 2008.

2. C.J. Harris, C.G. Moore & M Brown, Intelligent Control: Aspects of fuzzy logic and neural networks, World Scientific, 1993

3. J.S. Roger Jang, Ned Gulley : Fuzzy Logic : Toolbox for use with Matlab, The Math Works Inc, 1995.

Pustaka Penunjang :

1. Bart Kosko : Neural Networks and Fuzzy Systems: A Dynamics Systems Approach to machine intelligence, Prentice Hall Int.Inc, 1992.

2. Li-Xin-wang : A Course in Fuzzy Systems and Control, Prentice Hall International Inc, 1997

3. Li-Xin-Wang : Adaptive Fuzzy Systems and Controls, Design and Stability Analysis, Prentice Hall Int.Inc.1994.6. Syamsul Arifin, ”Kontrol Automatik II”, Jurusan Teknik Fisika-FTI-ITS, 1997.

Mata Kuliah : TEKNIK KONVERSI DAN KONSERVASI ENERGI

Kode/bobot/Semester : TF091324 / 4 sks / 6

Tujuan Pembelajaran (Learning Objective):

Mahasiswa mampu menerapkan konsep pada beragam teknik dan teknologi konversi dan konservasi energi, baik yang bersumber dari energi fossil maupun non-fossil (renewable energy) berdasarkan konsep Energy systems in sustainable future, baik dengan kinerja individu meupun secara berkelompok dalam kerjasama tim.

Kompetensi :

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis sumber energy fossil & nonfossil beserta mekanisme konversi energi langsung dan tidak langsung, yang mengacu pada dampak kebijakan energi.

  2. Mahasiswa mampu menjelaskan pembakaran bahan bakar fossil & sistem kerja mesin-mesin pengkonversi energy fossil,beserta dampak lingkungan yang ditimbulkannya, mengacu pada dampak kebijakan energi.

  3. Mahasiswa mampu mengaplikasikan prinsip renewable energy conversion, berdasarkan konsep Energy systems in sustainable future, baik dengan kinerja individu meupun secara berkelompok dalam kerjasama tim.

Pokok Bahasan (Subject Matter):

  1. TEKNIK KONVERSI ENERGI:Sumber-sumber Energi, Konversi Energi Panas – Kimia – Magnet - Mekanik – Listrik, Energi Fossil : Minyak bumi – Gas dan Batu bara.

  2. ENERGI TERBARUKAN:Energi Angin,Energi Air, Energi Matahari,Energi Panas Bumi,

  3. ENERGI ALTERNATIF:Hydroelectricity,Hidrogen Energi, Biomas Energy.

  4. KONSERVASI ENERGI:Energi dan Lingkungan,Konservasi kawasan Energi,Budidaya Energi,Dampak Kebijakan Energi.Kasus.

Pustaka Utama :

  1. Syamsul Arifin,” Bahan Ajar TK&KE : e-Learning:SHARE-ITS http:\\share.its.ac.id”,2011, TF-ITS.

  2. Archie W. Culp,Jr.,Ph.D,” Principles of Energy Conversion” , McGraw-Hill,Ltd.,1979.

  3. James A. Fay & Dan S. Golomb,”Energy and the Environment”, Oxford, 2002.

Pustaka Penunjang :

  1. M.M. El-Wakil, “Power Plant Technology”, McGraw-Hill,Ltd.,
  2. Duffie & Beckmann,”Solar Engineering of Thermal Processes”, 2ndEdition, Wiley Interscience, 1991.

Tujuan Pembelajaran (Learning Objective):

Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan dan aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam berbagai bidang kehidupan dengan cerdas dan kreatif baik secara mandiri ataupun juga dalam kerjasama tim.

Kompetensi ( KU1,KU2,KU3,KU6,KP2,KP3,KP4,KL1):

1. Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah dan peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi peradaban manusia masalalu, saat ini dan yang akan datang, (KU1,KU3,KP3)

2. Mahasiswa mampu menjelaskan secara cerdas dan kreatif tentang peranan signifikan aplikasi TIK dalam berbagai bidang kehidupan modern untuk meningkatkan kwalitas hidup, (KU1,KU3,KU7,KP2,KP3,KL3)

3. Mahasiswa mampu menjelaskan komponen TIK dan peranannya masing-masing, baik berupa hardware, software dan brainware. (KU1,KU3,KU8,KP2,KP3,KL3)

4. Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan dan aplikasi TIK dalam bidang pekerjaan sederhana yang sering diperlukan sehari-hari. (KU1,KU3,KU7,KP2,KP3,KL3)

5. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil karya pemikirannya dalam bidang TIK dengan kinerja tinggi dan profesinal baik secara mandiri ataupun dalam kerja tim. (KU1,KU3,KU7,KU8,KP2,KP3,KL3)

6. Mahasiswa mempunyai kecenderungan positif untuk menggunakan TIK dalam jaringan global (internet). (KU1,KU3,KU7,KU8,KP2,KL3)

Pokok Bahasan (Subject Matter):

Pengertian & Perkembangan TIK, Manajemen Data & Pengetahuan dalam TIK, Perangkat Keras TIK, Jaringan Komputer dan Komunikasi Data, Jaringan Komputer, Pengamanan dan Etika dalam TIK, Aspek Sosial dan budaya, Aspek Hukum di Indonesia, Aplikasi TIK dalam e-Learning, Aplikasi TIK dalam bidang Kesehatan, Membangun TECHNOPRENEURSHIP dengan TIK, Aplikasi TIK dalam bidang Keuangan, Aplikasi TIK dalam bidang Seni & Hiburan, Arsitektur Komputer, Workshop; Menginstall sistem operasi, Pemrograman berbasis Web, Membuat Blog, Menjalankan anti virus, Membuat dan me- maintain Milis.

Pustaka Utama :

1. Syamsul Arifin, ”Pengantar TIK”, Jurusan Teknik Fisika-FTI-ITS, 2009.

2. Efraim Turban,R.Kelly Rainer,JR.,Richard E. Potter, “Introduction to Information Technology”, 3th , John Wiley & Sons, 2005.

3. Brian K. Williams, Stacey C. Sawyer, “Using Information Technology”, 7th, McGraw-Hill,2007.

4. http://202.46.129.102/moodle/,http://www.datatelsup.com/, http://www.3com.co.jp/, http://www.sun.com/, http://www.dell.com/

5. http://www.ilmukomputer.com/,http://www.ieee.org/, http://www.linux.or.id/, http://www.pii.or.id/elektro

Pustaka penunjang :

1. UNIX User Japan”, Ed. 7, Vol. 5, No. 70, Mei 1998.

2. Frank J. and Derfler,Jr., “PC Magazine Guide To Linking LANs”,Ziff-Davis Press,1992.

Mata Kuliah : MATEMATIKA REKAYASA II

Kode MK : TF091241

Bobot     : 4 sks (2/2/0)

Semester : 4

Tujuan Pembelajaran :

Mahasiswa dapat menerapkan konsep deret & transformasi Fourier, solusi PD dengan deret pangkat, transformasi Z, PD Parsial, Interpolasi, Differential & Integral Numerik untuk penyelesaian permasalahan-permasalahan dalam bidang rekayasa secara tepat dan benar. Tidak hanya seperti itu tapi mahasiswa dapat menggunakan perangkat yang ada untuk penyajian hasil penyelesaiannya secara jelas & mudah baik secara lisan maupun tulisan.

Kompetensi Pembelajaran:

1. Mahasiswa dapat menghasilkan penyelesaian permasalahan yang tepat dan benar secara tertulis dan dikomunikasikan dengan bantuan perangkat yang ada.

2. Mahasiswa dapat menguraikan dari beberapa pilihan alternatif penyelesaian permasalhan yang tepat dan benar sesuai tujuan.

3. Mahasiswa dapat menerangkan/menyajikan/memperagakan (sharing) hasil penyelesaian permasalahan ke dalam media pembelajaran (misal: portofolio, e-learning, e-blog).

Materi Pembelajaran :

Deret Fourier dan Transformasi Fourier, Solusi PD dengan Deret Pangkat, Transformsi Z, PD Parsial, Interpolasi Numerik, Diferensial Numerik, Integrasi Numerik, Solusi PD dengan Numerik.

Referensi Pembelajaran :

Utama:

1, Kreyzig, Erwin,2011, "Advanced Engineering Mathematics", 10 ed, John Wiley & Sons Inc., Singapore.

2. Salvadory, Mario G. and Baron, Melvin L., "Numericals Methods in Engineering", 2 ed, Prentice Hal inc., USA.

Pendukung :

3. Dass, HK, 1988," Advanced Engineering Mathematics",2 ed, S, Chand & Company LTD, Ram Nagar, New Delhi, 110055.

  1. Pendahuluan : Selayang pandang peran dan posisi instrument engineer pada perancangan dan aplikasi sistem instrumen dan kontrol pada proses industri, dimulai dari proses flow diagram (PFD), filosofi kontrol, diagram perpipaan dan instrumen (P&ID), diagram pengkabelan (wiring diagram), gambar isometric, Hook Up Drawing, bill of material. Instalasi, kalibrasi, komisioning.start-up dan shutdown sistem.
  2. Identifikasi Instrumen : memahami arti simbol pada balon instrument continyu yang terdiri dari proses variable, tipe instrument, local dan panel dan loop number. Instrument digital dan DCS.
  3. Besaran fisis dan sinyal : memahami konversi besaran-besaran fisis dan sinyal standar, pada system hydraulic, pneumatic, electric, radio, optic dan fieldbus
  4. Unit-unit proses (equipment) di Industri : memahami fungsi dan simbol unit-unit proses (stripper, separator, scrubber, kolom fraksinasi, kolom distilasi, tangki reaktor (batch dan kontinyu), penukar panas (heat exchanger, kondensor dan evaporator), sistem boiler (tipe-tipe boiler, economizer, superheater, steam drum, ruang bakar, steam generation, turbin dan generator), vessel dan bulk tank (tanki timbun).
  5. Tubing dan Perpipaan : memahami sistem perpipaan dan tubing, yang meliputi ukuran, sambungan, jenis, fungsi, pendukung dan simbol-simbul standart pada tubing serta perpipaan
  6. Valve (katup) dan Control Valve : Jenis, Karakteristik, fungís, simbol standard, kalibrasi, instalasi dan sizing valve, termasuk relief valve dan control valve
  7. Utilitas: Jenis, fungí, karakteristik dan simbol standard peralatan utilitas proses (pompa, compresor, steam trap, filter, dll)
  8. Diagram Alir Proses : merancang atau menyusun unit-unit operasi, sistem intrument dan control, dalam rangka merencanakan sebuah pabrik secara keseluruhan dalam bentuk diagram aliran proses (PFD) yang mencakup kesetimbangan masa dan energi.
  9. Perpipaan dan instrument diagram: merancang P&ID dari PFD, dengan menempatkan instrument continue dan digital untuk kepentingan kualitas/performansi sistem, operasi dan keamanan yang diperlukan pada sistem perpipaan dan unit operasi.
  10. Detail perpipaan dan instrumentasi: meliputi gambar isometric/hook-up drawng mulai dari block/isolating valve sampai transmitter dan setelah I/P sampai control valve. Juga berisi detail menyambungan kabel transmitter dan control valve, melalui rak sampai ke/dari DCS atau panel.
  11. Spesifikasi unit operasi dan instrument: melitputi fungsi, dimensi, koneksi, performansi pada unit operasi dan akurasi instrument, ramge operasi, property fluida yang melalui, dll.
  12. Bill of material : berisi daftar material dan jumlahnya yang tertera pada hook-up drawing dan estimasi biayanya.

Selamat datang di mata kuliah keandalan