Topic outline

  • General

    Metode Kuantitatif Bisnis

  • TOPIK 1#: Pengantar Analisa Kuantitatif

    Permasalahan bisnis yang semakin kompleks mendorong terciptanya peralatan yang sesuai untuk memecahkannya . Salah satu peralatan untuk memecahkan permasalahan bisnis ialah dengan memakai pendekatan analisa kuantitatif. Analisa kuantitatif dapat membantu bisnis didalam pengambilan keputusan, alokasi sumberdaya, analisa resiko serta masalah lain dalam bisnis.  Pemakaian dari analisa kuantitatif bukan hanya pada bidang bisnis bahkan bidang lain seperti pemerintah , organisasi pelayanan seperti kesehatan dan pendidikan dapat mengambil manfaat dari aplikasi analisa kuantitatif

    Dalam mengaplikasikan analisa kuantitatif dibutuhkan pemahaman mengenai asumsi dasar dari analisa, batasan dari analisa, dan juga pemahaman mengenai jenis permasalahan yang dapat diselesaikan dengan analisa kuantitatif. Aplikasi analisa kuantitatif yang baik biasanya akan menghasilkan solusi yang akurat, tepat waktu  dan ekonomis. 

    Learning Outcomes :
    1. Mendeskripsikan pendekatan analisa kuantitatitf dalam persoalan bisnis.
    2. Memahamai aplikasi analisa kuantitatif dalam berbagai persoalan nyata
    3. Mendeskripsikan langkah-langakah penggunaan permodelan matematis dalam dunia bisnis
    4. Mampu menggunakan software spreadsheet untuk analisa kuantitatif
    5. Mendiskusikan masalah dalam analisa kuantitatif

  • TOPIK #2: Linear Programming : Formulation Model Linear Programming

    Salah satu permasalahan didalam bisnis ialah menyangkut alokasi sumberdaya. Permasalahan yang menyangkut alokasi sumberdaya terjadi karena adanya keterbatasan didalam sumber daya. Teknik yang sangat lazim  digunakan dalam alokasi sumber daya  ialah metode linear programming. Pada teknik Linear Programming permasalahan yang akan diselesaikan diformulasikan kedalam model matematika. Model matematika yang dibuat haruslah merepresentasikan keadaan sesungguhnya.

    Penyelesaian dari linear programming dilakukan dengan melakukan perhitungan dan analisa dengan menggunakan model matematika yang sudah dibuat tersebut. Salah satu metode untuk menyelesaikan permasalahan pada linear programming ialah dengan menggunakan pendekatan grafik. Pada pendekatan ini model matematika yang sudah diformulasikan kemudian diplot kedalam grafik dan kemudian dilakukan perhitungan dan analisa untuk menemukan solusi optimal.

  • TOPIK #3: Linear Programming : Penyelesaian Grafis, Kasus Khusus, dan Sensitivity Analysis

    Permasalahan pada Linear programming tidak selalu berhubungan dengan fungsi tujuan untuk memaksimalkan profit, pada beberapa kasus permasalahan pada linear programming menyangkut dengan minimalisasi biaya atau fungsi minimalisasi. Penyelesaian fungsi minimalisasi pada linear programming memiliki metode yang sama dengan penyelesaian pada fungsi maksimalisasi.

    Pada penyelesaian linear programming terkadang terdapat permasalahan yang lahir sehingga bisa terdapat kebingungan dalam menentukan solusi yang optimal. Hal tersebut dikatakan bahwa telah terdapat karakteristik khusus LP yaitu terjadinya  infeasibility, unboundedness, redundancy, and alternative optimal solutions.

    Penyelesaian Linear Programming akan menghasilkan solusi optimal, dengan asumsi bahwa hal ini terjadi pada kondisi yang deterministik atau tetap sementara pada kondisi sesungguhnya solusi optimal ini berada ditengah ketidakpastian. Untuk dapat menggambarkan kondisi sesungguhnya maka diperlukan analisa sensitivitas untuk menguji pengaruh perubahan dari variabel input terhadap output.

  • TOPIK #4: Linear Programming : Simplex Method

    Permasalahan linear programming sederhana bisa diselesaikan dengan mudah melalui pendekatan metode grafik. Pada dunia bisnis sesungguhnya sangat jarang permasalahan dalam bentuk yang sederhana. Permasalahan nyata biasanya terdiri dari banyak variabel sehingga sangatlah kompleks. Permasalahan linear programming kompleks bisa diselesaikan dengan lebih mudah dengan memakai metode simplex.

    Metode simplex memakai pendekataan sistematis didalam memeriksa nilai sudut dengan menggunakan tahapan algebraic. Hingga ditemukan solusi yang optimal. Saat ini walaupun untuk menyelesaikan linear programming bisa dilakukan dengan menggunakan komputer, tetapi pemahaman mengenai metode simplex dapat membantu pemahaman yang lebih baik dari hasil keluaran software komputer.

  • TOPIK #5: Linear Programming: Simplex Method, special cases, sensitivity analysis and duality

    Penyelesaian permasalahan Linear programming dengan menggunakan metode simpleks bukan hanya bisa dipakai untuk menyelesaikan permasalahan maksimalisasi. Masalah dengan tujuan Minimalisasi juga bisa diselesaikan dengan menggunakan Simpleks.

    Serupa dengan penyelesaian Linear programming dengan metode lain, dapat ditemukan kasus khusus yang berhubungan dengan solusi linear programming.

    Sensitivity analysis memberikan informasi yang berharga kepada pemakai dari linear programming mengenai efek dari variabel keputusan terhadap hasil yang diharapkan. Pada simpleks sensitivity analysis juga bisa dilakukan. salah satu konsep penting sensitivity analysis dalam metode simpleks ialah Shadow prices.

  • TOPIK #6: Linear Programming Application

    Linear Programming bisa dipakai pada banyak bidang bisnis, dari bidang marketing, Sumber daya Manusia, hingga Operasi. Pada bidang marketing Linear programming bisa dipakai dalam melakukan analisa pasar dan penentuan media komunikasi dengan tujuan memaksimalkan jangkauan komunikasi.  Pada bidang keuangan Linear programming bisa dipakai dalam menentukan portofolio investasi dengan tujuan memaksimalkan laba atau meminimalisir resiko.

    Pada Bidang sumber daya manusia Linear programming bisa dipakai dalam masalah penjadwalan tenaga kerja dengan tujuan meminimalisir biaya tenaga kerja. pada bidang operasi Linear Programming sangatlah lazim dipakai untuk melakukan bauran produksi, bauran sumber daya, dan masalah pengiriman dengan tujuan meminimalisir biaya yang terjadi

  • Evaluasi Tengah Semester

    Setelah Mengikuti Perkuliahan materi 1 hingga materi 6. silakan mengambil ujian tengah semester pada tanggal yang sudah ditentukan

  • TOPIK #7: Transportation Algorithm

    Salah satu permasalahan pada dunia bisnis ialah permasalahan transportasi. Permasalahan transportasi berhubungan dengan distribusi  barang (arus barang) dari beberapa sumber ( Pabrik/ Distribution Center) ke tempat barang tersebut diminta atau dibutuhkan ( Point Of Demand). Tujuan dari permasalahan transportasi ialah untuk menentukan jadwal pengiriman barang yang memiliki biaya pengiriman total paling rendah.  

    Permasalahan transportasi bisa dipakai juga untuk menyelesaikan permasalahan pemilihan lokasi untuk industrinya. Karena dari permasalahan transportasi bisa diketahui lokasi dari perusahaan yang dapat meminimalkan biaya untuk produksinya ( Penghematan pada bahan baku), dan meminimalkan biaya untuk distribusinya  ( Penghematan pada pengiriman barang hasil produksi)

  • TOPIK #8: ASSIGNMENT ALGORITHM

    Assignment problem merupakan salah satu permasalahan fundamental dalam optimasi kombinasi. Pemilihan sumber daya untuk ditugaskan atau dialokasikan pada satu atau beberapa lokasi pemenuhan merupakan permasalahan yang ingin diselesaikan menggunakan assignment problem ini. Dalam permasalahan bisnis, tujuan utama dalam assignment problem adalah untuk minimasi total ongkos penugasan atau trasportasi.  

    Misalkan terdapat 2 karyawan dan terdapat beberapa jumlah pekerjaan. Satu karyawan dapat mengerjakan semua jenis pekerjaan dengan ongkos penugasan yang berbeda-beda. Semua pekerjaan harus dikerjakan minimal oleh satu orang karyawan. Permasalahan yang harus diselesaikan adalah bagaimana mengatur atau mengalokasikan pekerjaan-pekerjaan beragam tersebut kepada karyawan yang tersedia agar ongkos penugasan menjadi minimal.

  • TOPIK #9: Integer Programming

    Pada penyelesaian permasalahan dengan Linear programming kadang akan ditemui kendala saat solusi dari linear programming harus berupa angka bulat ( Integer). Kendala ini karena solusi optimal dari linear programming tidak selalu dalam bentuk angka bulat. Kendala yang dihadapi ini bisa diatasi dengan pemakaian integer programming. Solusi dari Integer programming adalah berupa angka bulat ( Integer). Bahkan permasalahan dengan variabel yang berbentuk binary (Special variable) bisa diselesaikan dengan Integer Programming.

  • TOPIK #10: Goal Programming

    Salah satu batasan dari linear programming ialah fungsi tujuan haruslah merupakan satu fungsi saja. Hal ini tentunya pada beberapa kasus tidak sesuai dengan kenyataan yang terdapat pada realita. Pada kehidupan nyata bisnis menghadapi beberapa fungsi tujuan yang harus dioptimalkan secara bersamaan. Penyelesaian permasalahan kuantitatif yang memiliki beberapa fungsi tujuan bisa dilakukan dengan memakai goal programming.

  • TOPIK #11: Decision Analysis

    Manajer Bisnis selalu berhubungan dengan pengambilan keputusan baik keputusan yang bersifat rutin seperti keputusan delegasi operasional maupun pengambilan keputusan yang bersifat non rutin seperti pengambilan keputusan dalam pemilihan jenis investasi yang diambil. Manajer bisnis bisa memanfaatkan Decision Support System untuk membuat keputusan yang Baik.

    Definisi dari keputusan yang baik ialah keputusan yang dibuat berdasarkan kerangka logika yang jelas. Keputusan yang  baik harus  juga  mempertimbangkan segala alternatif dan pilihan yang ada, Serta dengan mempertimbangkan semua data yang dimiliki pada saat melakukan pengambilan keputusan.

  • TOPIK #12: Queue Theory

  • Evaluasi Akhir Semester

    Setelah Mempelajari materi 7 hingga 12. silakan mengambil Evaluasi akhir semester pada tanggal yang sudah ditentukan