• General

    Mata kuliah: PEMETAAN-I

    Kode: RC145303, SKS: 4 SKS, Semester: I

    Jurusan:  Diploma 3 Teknik Sipil

    Dosen: Tim dosen Pemetaan Prodi Diploma Teknik Sipil ITS

    movie baru

    Selamat datang di Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu untuk mata kuliah Pemetaan-I (RC145303). Mata kuliah ini dirancang untuk beban 4 SKS, yang meliputi teori, perhitungan, praktikum pengukuran, dan pembuatan laporan pengukuran.

    Mata kuliah Pemetaan-I ini adalah ilmu dasar untuk membuat peta berdasarkan pengamatan survey di lapangan dan juga dapat digunakan sebaliknya, yaitu untuk mengeplot dari gambar rancangan ke lapangan. Nama mata kuliah Pemetaan-I ini didasarkan pada kurikulum baru (2014). Pada kurikulum 2009, mata kuliah ini bernama Ilmu Ukur Tanah (IUT). Adapun isi mata kuliah Pemetaan I ini adalah gabungan dari IUT I (pengukuran levelling dengan waterpass) dan IUT II (pengukuran poligon dan tachimetri dengan alat theodolit) pada kurikulum 2009.

    Capaian pembelajaran umum dari mata kuliah Pemetaan I ini adalah mahasiswa mampu memahami dan mempraktekkan teori, perhitungan, dan pelaksanaan kegiatan ukur-tanah datar (plane survey), dengan menggunakan alat waterpass dan theodolit, sesuai dengan standard SNI.

  • Topik 1

    1. Pengantar Pemetaan-I

    1.1 Ruang lingkup Pemetaan-I

    Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mengerti ruang lingkup mata kuliah Pemetaan-I

    Materi ini adalah pengantar kuliah Pemetaan-I yang berisi prasyarat pengetahuan untuk mata kuliah Pemetaan I, alat-alat praktek yang digunakan, dan pokok bahasan perkuliahan, seperti yang dapat dilihat pada Materi 1.1. Sedangkan video 1.1 berisi paparan dari Dr. Ir. Muhammad Taufik mengenai apa itu Ilmu Ukur Tanah dan ruang lingkup penggunaannya dalam sehari-hari.

Topik 2