• General

    Mata kuliah: PEMETAAN-I

    Kode: RC145303, SKS: 4 SKS, Semester: I

    Jurusan:  Diploma 3 Teknik Sipil

    Dosen: Tim dosen Pemetaan Prodi Diploma Teknik Sipil ITS

    movie baru

    Selamat datang di Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu untuk mata kuliah Pemetaan-I (RC145303). Mata kuliah ini dirancang untuk beban 4 SKS, yang meliputi teori, perhitungan, praktikum pengukuran, dan pembuatan laporan pengukuran.

    Mata kuliah Pemetaan-I ini adalah ilmu dasar untuk membuat peta berdasarkan pengamatan survey di lapangan dan juga dapat digunakan sebaliknya, yaitu untuk mengeplot dari gambar rancangan ke lapangan. Nama mata kuliah Pemetaan-I ini didasarkan pada kurikulum baru (2014). Pada kurikulum 2009, mata kuliah ini bernama Ilmu Ukur Tanah (IUT). Adapun isi mata kuliah Pemetaan I ini adalah gabungan dari IUT I (pengukuran levelling dengan waterpass) dan IUT II (pengukuran poligon dan tachimetri dengan alat theodolit) pada kurikulum 2009.

    Capaian pembelajaran umum dari mata kuliah Pemetaan I ini adalah mahasiswa mampu memahami dan mempraktekkan teori, perhitungan, dan pelaksanaan kegiatan ukur-tanah datar (plane survey), dengan menggunakan alat waterpass dan theodolit, sesuai dengan standard SNI.

  • Topik 5

    1.5 Skala gambar peta

    Capaian pembelajaran : Mahasiswa memahami konsep dasar skala peta, standard skala peta, dan standard kartografi penunjuk skala peta

    Materi 1.5 ini menerangkan konsep dasar skala dalam peta, yang dijelaskan beserta contoh-contohnya. Dicontohkan pula cara penotasian skala pada peta. Video 1.5 dibawah adalah video penjelasan slide powerpoint materi ini.

Topik 4Topik 6