Berita terkini

Workshop Penyusunan Kurikulum untuk Dosen Universitas Musamus Merauke

 
Gambar dari P3AI ITS
Workshop Penyusunan Kurikulum untuk Dosen Universitas Musamus Merauke
by P3AI ITS - Monday, 7 September 2015, 11:02
 

 workshop penyusunan kurikulum untuk dosen magang dari universitas merauke, 16 maret 2015

Senin-Kamis, 16-19 Maret 2015, P3AI ITS kedatangan tamu Bapak Ibu Dosen dari Universitas Musamus Merauke. Dua belas orang dosen tersebut ditugaskan untuk magang di P3AI ITS dalam rangka belajar tentang penyusunan kurikulum program studi. Acara workshop ini berlangsung lancar dan diiringi antusias para peserta.

Sistem Pendidikan Tinggi

Narasumber: Syamul Arifin, M.T.

workshop penyusunan kurikulum untuk dosen magang dari universitas merauke, 16 maret 2015, syamsul arifin

 

Materi tentang konsep Sistem Pendidikan Tinggi berdasar Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) Permendikbud No. 49 Tahun 2014. Satu hal lain yang juga dibahas adalah tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

 Kurikulum Pendidikan Tinggi

 Narasumber: Ir. Endrotomo

workshop penyusunan kurikulum untuk dosen magang dari universitas merauke, 16 maret 2015, endrotomo

KKNI adalah sebuah pernyataan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Pekerja kita sekarang, tidak punya merek, makanya dibeli murah. Konsep KKNI pada dasarnya adalah pencapaian level kualifikasi melalui berbagai alur, yaitu melalui: pendidikan formal, peningkatan karier di dunia kerja, peningkatan profesionalitas, dan pengalaman atau belajar mandiri. Kini, orientasi Perguruan Tinggi tidak boleh hanya sekedar meluluskan, tapi harus memastikan kualifikasi lulusannya.

Kurikulum ITS

Narasumber: Nurul Widiastuti, Ph.D

workshop penyusunan kurikulum untuk dosen universitas musamus merauke, nurul widiastuti

Kurikulum its disusun berdasarkan KKNI dan SNPT (Permendikbud No. 49 Tahun 2014). Capaian pembelajaran lulusan ITS, profil lulusan ITS: ketaqwaan, jiwa technopreneurship, wawasan teknologi dengan konsep pengembangan berkelanjutan (sustainable development), kemampuan utama sesuai program studi, kepemimpinan, kreatif, komunikatif, dan kepekaan sosial dalam wawasan kebangsaan.

Profil Lulusan

Narasumber: Ir. Endrotomo

Profil lulusan adalah jawaban dari pertanyaan: Prodi ini akan menghasilkan lulusan seperti apa?, Peran apa yang dapat dilakukan oleh lulusan di masyarakat. Profil adalah alat untuk menentukan rumusan capaian pembelajaran (CP). Contoh profil lulusan sarjana gizi: penyelia gizi dengan kemampuan ...., dan penasihat gizi dengan kemampuan ..., akademisi dengan kemampuan ...., dan birokrat dengan kemampuan ....

Pentingnya nomenklatur dalam menentukan prodi, agar tidak terjadi tumpang tindih antar prodi.

Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester

Narasumber: Dr. Aulia Siti Aisyah

Materi ini memaparkan penyusunan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) berdasarkan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) 2014 Ps. 12 ayat 3. Termasuk poin-poin yang harus disebutkan di dalam RPS, diantaranya Nama Prodi, Nama MK, capaian pembelajaran lulusan, kemampuan akhir yang direncanakan, bahan kajian, dan metode pembelajaran, dan lain sebagainya.

Pembelajaran Orang Dewasa

Narasumber: Sri Fatmawati, Ph.D

workshop penyusunan kurikulum untuk dosen universitas musamus, sri fatmawati, ph.d 

Ada beragam alasan latar belakang yang menyebabkan mahasiswa tidak belajar. Berbekal pengalaman beliau studi di Jepang, mengajar di kelas, dan membimbing mahasiswa, Bu Sri Fatmawati berbagi pengalaman dengan peserta terkait macam-macam tips dan trik untuk berinteraksi dan memotivasi mahasiswa dalam belajar.

Tim P3AI ITS

Syamsul Arifin, M.T.

Dosen Teknik Fisika ITS, Ketua P3AI, Tim Penyusun Kurikulum Dikti

Dr. Aulia Siti Aisyah

Dosen Teknik Fisika ITS, Pemenang beberapa Hibah e-Learning, Pengembang dan Pengampu Kuliah Daring

Sri Fatmawati, Ph.D

Dosen Kimia ITS, Peraih Penghargaan Peneliti Wanita UNESCO, LOREAL

Yusuf Bilfaqih, M.T.

Dosen Teknik Elektro ITS, Tim Penyusun Pembelajaran Daring Dikti

Dr. Widiyastuti

Dosen Teknik Kimia ITS