Berita terkini

Perencaan Bentuk Tugas Menulis Artikel

 
Gambar dari P3AI ITS
Perencaan Bentuk Tugas Menulis Artikel
by P3AI ITS - Monday, 3 June 2013, 12:36
 

Pemanfaatan Fitur Blog di Share ITS

Istilah “Blog” merupakan kependekan dari “Web log”. Blog merupakan semacam jurnal online sebagai media untuk mengekspresikan diri dan berkomunikasi dengan orang lain, teman atau keluarga. Dengan demikian,fitur Blog dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran untuk keperluan sebagai berikut:

  • Latihan menulis dan komunikasi,
  • Mengekspresikan dan mengkomunikasikan ide atau gagasan, atau
  • Tugas penulisan artikel.

Klasifikasi Artikel Blog

Artikel yang kita tulis pada Blog di Share ITS dapat diasosiasikan pada level yang berbeda kedudukannya  di Share ITS, yaitu:

1. Site Blog, kumpulan artikel dalam satu situs Share ITS.

Artikel yang ditulis pada kedudukan ini akan terkumpul jadi satu dengan seluruh artikel yang ditulis pada Blog di Share ITS.

Site Blog 

Gambar 1

Menu “Site Blog” untuk menuju Halaman Untuk Menambah dan Menampilkan Artikel pada kedudukan Site Blog 

2. Course Blog, kumpulan artikel dalam satu Mata Kuliah.

Artikel yang ditulis pada Mata Kuliah akan terkumpul jadi satu dengan yang lain pada kedudukan yang sama, yaitu di Mata Kuliah. Artikel pada Course Blog juga terkumpul pada Site Blog, artinya dapat dibaca oleh seluruh pengguna Share ITS.

Course Blog 

Gambar 2

Menu “Course Blog” untuk menuju Halaman Untuk Menambah dan Menampilkan Artikel pada kedudukan Course Blog

 

3. Activity Blog, kumpulanartikel dalam satu Aktivitas, misal Assignment / Tugas tertentu.

Artikel dengan kedudukan pada Activity terkumpul jadi satu dengan artikel lain pada Activity yang sama. Artikel pada Activity ini juga terkumpul jadi satu pada Site Blog, sehingga dapat dibaca oleh semua pengguna Share ITS.

Jika kita perhatikan, perlunya Course Blog ataupun Activity Blog adalah untuk memudahkan Dosen dan Mahasiswa untuk mengelola artikelnya dalam lingkup yang lebih kecil sehingga dalam kaitan Pemberian Tugas memudahkan menelusuri Tugas yang sudah dibuat dan memudahkan penilaiannya. Bayangkan jika semua artikel pada kedudukan Site Blog, maka kita akan kesulitan menelusuri atau mencari Tugas yang sudah dikumpulkan oleh Mahasiswa kita.

Perencanaan Tugas Menulis Artikel

Menyiapkan Tugas Menulis Artikel

Seperti halnya jenis Penugasan lainnya, kita siapkan penugasan pada halaman Mata Kuliah kita melalui menu “Add an Activity or Resource”, dengan terlebih dahulu klik tombol “turn editing on”. Kemudian akan tampil kotak dialog seperti diperlihatkan pada Gambar 3 berikut.

 Gambar 3 Menyiapkan Tugas

Gambar 3

Pilih aktivitas “Assignment”, kemudian tekan tombol “Add”, sehingga tampil halaman Pengaturan Tugas seperti di bawah ini:

 Gambar 4

Gambar 4

 

Mengintegrasikan Block “Blog Menu” pada Assignment

Untuk memudahkan interaksi dalam menyusun artikel dan menampilkannya, tambahkan block “Blog Menu”.

Pada halaman Tugas, melalui “Add a Block” pilih “Blog Menu” sehingga tampil Block baru seperti tampak pada bagian kanan-atas pada Gambar 5.

 Blog  Menu

Gambar 5

Perhatikan perbedaan BLOCK “Blog Menu” pada Gambar 5 dengan yang ada pada Gambar 3. Yang di sini “Activity Blog”, sedangkan yang di Gambar 3 merupakan “Course Blog”. Berikut perbandingannya:

Blog Menu

Gambar 6

Selanjutnya, dosen dan mahasiswa dapat berinteraksi melalui block "Blog Menu" pada Halaman Tugas tersebut untuk mengumpulkan tugas menulis artikel, menampilkan dan membaca artikel terkait tugas tersebut dan memberikan penilaiannya.

Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.

Nantikan tulisan berikutnya tentang Pemanfaatan fitur RUBRIK untuk penilaian TUGAS.

Fotoku
Re: Perencaan Bentuk Tugas Menulis Artikel
by suyanto suyanto - Thursday, 6 June 2013, 16:15
 

Good idea.....perlu dicoba dan diimplementasikan. Terima kasih tip-tipnya.