Berita terkini

Menggunakan Rubrik untuk Penilaian Hasil Belajar

 
Gambar dari P3AI ITS
Menggunakan Rubrik untuk Penilaian Hasil Belajar
by P3AI ITS - Sunday, 8 September 2013, 10:10
 

Penilaian Hasil Belajar Menggunakan Rubrik

Tulisan ini berisi tutorial mengenai pemanfaatan fitur Rubrik untuk melakukan penilaian hasil belajar mahasiswa dalam beberapa aktivitas belajar dalam pembelajaran berbasis Share ITS. Tutorial ini mencakup beberapa topik berikut:

-        Apa yang dimaksud dengan Rubrik?

-        Mengapa menggunakan sebuah Rubrik?

-        Bagaimana cara menggunakan fitur Rubrik?

Apa yang dimaksud dengan Rubrik?

Dalam pembelajaran, rubrik merupakan perangkat yang disusun oleh dosen untuk mengukur performansi mahasiswanya. Alat asesmen ini berupa daftar kriteria dari performansi yang hendak dievaluasi. Daftar ini juga mendeskripsikan tingkatan kualitas untuk tiap kriteria performansi yang dievaluasi yang direpresentasikan berupa nilai numerik untuk tiap tingkatan.

Berikut bentuk umum rubrik tersebut:

 

Kualitas Terendah

1

Kualitas Rerata

2

Kualitas Tertinggi

3

1. Kriteria / Aspek

 

 

 

2. Kriteria / Aspek

 

 

 

3. Kriteria / Aspek

 

 

 

4. Kriteria / Aspek

 

 

 

 

Mengapa menggunakan sebuah Rubrik?

Umumnya, rubrik digunakan untuk asesmen yang bersifat subjektif, yaitu:

-        Presentasi

-        Penulisan Makalah

-        Diskusi,

-        Portofolio

-        Projek.

Rubrik digunakan untuk banyak alasan, beberapa diantaranya:

-        Rubrik menjelaskan kriteria performansi yang diharapkan dari mahasiswa

-        Rubrik menunjukkan pada mahasiswa bagaimana/apa yang harus dilakukan untuk mencapai performansi tersebut.

-        Rubrik membantu mahasiswa mengevaluasi kualitas pekerjaan atau aktivitas belajarnya.

-        Rubrik mengidentifikasi elemen-elemen yang spesifik yang digunakan dosen untuk membedakan kualitas performansi mahasiswa, hal ini menjawab pertanyaan mahasiswa “Mengapa saya dapat nilai sekian”

-        Bila lebih dari satu orang yang mengevaluasi performansi, hal ini meningkatkan konsistensi dan objektivitas atau standarisasi dalam penilaian.

-        Rubrik dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk penilaian bila terdapat kemiripan antar komentar yang diberikan terhadap mahasiswa mengenai kelemahan atau keunggulan dalam kinerjanya

Bagaimana cara menggunakan fitur Rubrik?

Perhatikan rubrik untuk melaksanakan penilaian pada aktivitas diskusi asinkron (menggunakan modul Forum) pada Tabel 1 berikut ini.

Tabel 1 Rubrik Penilaian Aktivitas Forum Diskusi Asinkron

No

Kriteria

Nilai

1

2

3

4

1

Inisiatif dan Kecepatan

Tidak menanggapi sebagian besar posting dan jarang berpartisipasi

Menanggapi sebagian besar posting dalam beberapa hari setelah diskusi dimulai; inisiatifnya rendah 

Menanggapi sebagian besar posting dalam periode 24 jam; membutuhkan sesekali dorongan untuk posting

Konsisten menanggapi posting dalam waktu kurang dari 24 jam; menunjukkan inisiatif yang baik

2

Penyampaian Posting

Menggunakan ejaan dan tata bahasa yg krg baik dalam kebanyakan posting; postingnya terkesan “Asal-asalan”

Kesalahan ejaan dan tata bahasa pada beberapa posting

Beberapa kesalahan tata bahasa atau ejaan namun ditandai dalam postingnya

Konsisten menggunakan tata bahasa yang baik; jarang terjadi kesalahan ejaan

3

Relevansi Topik

Tema posting tidak terkait dgn isi diskusi; membuat pernyataan singkat atau tidak relevan

Sesekali postingnya keluar topik; Sebagian besar postingnya terlalu pendek dan tidak memberikan wawasan lebih jauh dalam topik

Sering posting topik
yang terkait dengan
isi diskusi;
memberikan wawasan lebih jauh dalam topik diskusi

 

konsisten posting
topik yang terkait dengan
topik diskusi; mengutip
referensi tambahan
berkaitan dengan topik

4

Ekspresi Gagasan

Tidak mengekspresikan
pendapat atau ide yang  jelas; tidak ada hubungannya dengan topik

Hubungan yang tidak jelas dengan topik, terlihat dengan minimnya ekspresi pendapat atau gagasan

Pendapat dan ide-ide
dinyatakan dengan jelas; hanya sesekali
keluar topik

Mengungkapkan pendapat dan ide-ide secara singkat dan jelas yang berhubungan dengan topik

5

Kontribusi thd pembelajaran

Tidak melakukan upaya untuk berpartisipasi dalam belajar bersama sebagaimana tujuan diskusi; tampak acuh tak acuh

Kadang-kadang membuat
refleksi yang berarti pada
upaya belajar bersama;
keterlibatannya kecil dalam kelompok

 

Sering mencoba untuk mengarahkan diskusi dan menyajikan sudut pandang yang relevan untuk dipertimbangkan oleh kelompok; berinteraksi secara bebas

Menyadari kebutuhan kelompok diskusi; sering mencoba untuk memotivasi diskusi kelompok; menyajikan pendekatan kreatif dalam membahas topik diskusi

 

Pada tutorial ini akan kami tunjukkan bagaimana mengaplikasikan rubrik tersebut di atas secara online menggunakan fitur advanced grading, yaitu Rubric.

Perlu diketahui, fitur Rubrik ini melekat pada modul Assignment, sehingga untuk menggunakan Rubrik pada aktivitas tertentu; misal: penulisan di Blog, diskusi asinkron (modul Forum), diskusi sinkron (modul Chat) dan lainnya; harus dipadukan dengan aktivitas Assignment.

Menyusun sebuah Rubrik dari Awal

Baiklah, perlu diingat kembali bahwa fitur Rubrik ini terdapat pada modul Assignment. Oleh karena itu, untuk menyusun sebuah Rubrik baru dari awal kita perlu menyiapkan modul Assignment terlebih dahulu.

Berikut langkah-langkah menyusun sebuah rubrik dari awal:

1. Pada halaman Assignment, temukan atau tampilkan Block Administration.

2. Pada block Administration, pilih menu Advanced Grading

Kedua langkah ini diilustrasikan pada Gambar 2.

gambar 1 

Gambar 1 Fitur Advanced Grading pada Halaman Assignment

Setelah itu akan tampil halaman Advanced Grading yang diperlihatkan pada Gambar 2.

gambar 2 

Gambar 2 Fitur Rubrik pada Halaman Advanced Grading

3. Pilih metode Rubric untuk grading.

Selanjutnya kita dihantarkan pada halaman pilihan “Define new grading form from scratch” atau “Create new grading form from a template” seperti diperlihatkan pada Gambar 3.

gambar 3 

Gambar 3 Pilihan Form Grading untuk Rubrik

4. Pilih Define new grading form from scratch.

Sekarang kita sudah siap menyusun form Rubrik dari awal dengan melengkapi atau mengisi halaman editing form rubrik yang ditunjukkan pada Gambar 4.

5. Beri nama Rubrik yang informatif pada texfield Name.

6. Berikan deskripsi Rubrik pada text editor Description..

7. Ketikkan kriteria yang digunakan pada bagian Click to edit criterion.

8. Klik tombol Add criterion untuk menambahkan kriteria.

9. Ketikkan deskripsi setiap level nilai pada bagian Click to edit level.

10. Berikan poin penilaian untuk setiap level pada bagian “… points”.

11. Klik tombol Add level untuk menambahkan level penilaian.

Langkah-langkah ini diilustrasikan pada Gambar 4.

gambar 4 

Gambar 4 Halaman untuk Menyusun Rubrik

Isikan bagian-bagian tersebut di atas dengan menggunakan data-data yang ada pada Tabel 1. Sebagai contoh, beberapa bagian yang telah kita isi menggunakan data dari Tabel 1 diperlihatkan pada Gambar 5.

gb5 

Gambar 5 Bagian-bagian dari sebuah Rubrik

Hasil isian selengkapnya dari rubrik ini ditunjukkan  pada Gambar 6.

gb6 

Gambar 6 Form Rubrik yang Sudah Lengkap

12. Setelah disini lengkap, Klik tombol Save untuk menyimpan Rubrik.

Setelah form rubrik kita simpan, kita masih mempunyai pilihan:

-        Mengedit kembali form rubrik yang sudah kita susun

-        Menghapus  form rubrik yang sudah kita susun, atau

-        Mempublikasikan form yang kita susun sebagai Template (hanya muncul dan dapat dilakukan oleh Admin).

Ketiga hal ini ditunjukkan pada Gambar 7.

gb7 

Gambar 7 Mempublikasikan Form Rubrik sebagai Template

 

Menyusun sebuah  Rubrik dari Template

Pada bagian ini kita akan menyusun rubrik untuk penilaian tugas diskusi berdasarkan Template yang sudah ada. Tentunya hal ini dapat kita lakukan hanya jika sudah tersedia template rubrik yang dipublikasikan oleh penyusunnya melalui administrator.

Mengingat kondisi ini, kami mengajak para dosen yang telah menyusun form Rubrik untuk mempublikasikannya sebagai Template melalui admin kami di P3AI. Untuk itu, sebelumnya kami sampaikan terimakasih.

Sebagai kelanjutan dari bagian sebelumnya, pada bagian ini kita menggunakan form rubrik yang telah kita susun dan kita publikasikan sebagai Template.

Langkah-langkah menyusun Rubrik berdasarkan Template

1. Pada halaman Assignment, temukan atau tampilkan Block Administration.

2. Pada block Administration, pilih menu Advanced Grading

3. Pilih metode Rubric untuk grading.

4. Pilih Create new grading form from Template.

Keempat langkah ini diilustrasikan pada Gambar 1 dan Gambar 2 di atas. Setelah melakukan keempat langkah kita sampai pada halaman untuk memilih Template yang hendak digunakan seperti ditunjukkan pada Gambar 8.

5. Klik tombol Use this template untuk memilih Template yang hendak digunakan.

 

 gb8

Gambar 8 Template Rubrik yang Siap Digunakan

6. Pada halaman konfirmasi (lihat Gambar 9), klik tombol Continue.

gb9 

Gambar 9 Konfirmasi Penggunaan Template

Selanjutnya, template telah siap untuk digunakan (ready for usage) sebagaimana ditampilkan pada Gambar 10.

 gb10

Gambar 10 Preview Template yang Dipilih

 

Penilaian Menggunakan Rubrik

Apabila rubrik telah kita siapkan, berikutnya kita akan membahas bagaimana cara penilaian menggunakan form rubrik tersebut.

Berikut ini langkah-langkah untuk memberikan penilaian menggunakan rubrik:

1. Pada halaman grading seperti diperlihatkan pada Gambar 11, pilih partisipan yang hendak dinilai dengan mengklik ikon “gambar pensil” pada kolom Grade partisipan tersebut.

gb11 

Gambar 11 Halaman Grading pada aktivitas Assignment

Kemudian kita masuk pada halaman rubrik untuk penilaian tugas seperti ditunjukkan pada Gambar 12.

2. Pada halaman rubrik, ketikan nilai pada kolom paling kanan sesuai dengan level/kualitas performansi partisipan yang bersangkutan.

gb12 

Gambar 12 Pemberian Nilai Menggunakan Form Rubrik

3. Jika diperlukan, berikan komentar sebagai umpan balik melalui editor yang diperlihatkan pada Gambar 13.

4. Klik tombol Save untuk menyimpan hasil penilaian bagi partisipan tersebut.

5. Klik tombol Save and Show next untuk menyimpan hasil penilaian bagi partisipan tersebut dan melanjutkan penilaian bagi partisipan berikutnya.

6. Klik tombol Next untuk beralih pada halaman rubrik penilaian bagi partisipan berikutnya.

gb13 

Gambar 13 Editor untuk Memberikan Komentar bersama Penilaian

Demikian, semoga bermanfaat.