Berita terkini

Kelengkapan Perbaikan Proposal

 
Gambar dari P3AI ITS
Kelengkapan Perbaikan Proposal
by P3AI ITS - Wednesday, 6 March 2013, 14:48
 

DESAIN PEMBELAJARAN

Untuk mengintegrasikan fitur-fitur yang tersedia Share ITS dalam membangun Pembelajaran berbasis Share ITS dapat direpresentasikan dalam bentuk tabel yang cukup sederhana sebagai berikut:

tabel desain

Setiap TIK yang hendak dicapai melalui pembelajaran Pokokbahasan yang terkait hendaknya difasilitasi dengan Sumber Belajar dan Aktivitas Pembelajaran dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada Share ITS. Pemilihan sumber belajar dan aktivitas pembelajaran diharapkan secara strategis mengacu pada model dan strategi pembelajaran berpusat kepada mahasiswa.

RENCANA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN

Setelah menyusun rancangan pembelajaran berbasis Share ITS, kemudian kita rencanakan implementasinya yang dituangkan dalam bentuk tabel berikut:

tabel2.png

Perhatikan tabel di atas, pemanfaatan pembelajaran berbasis Share ITS dapat mengambil tiga bentuk: tambahan, pelengkap, atau sebagai pengganti. Selanjutnya, untuk setiap pertemuan pertimbangkan bagaimana pembelajaran berbasis Share ITS yang kita rancang diimplementasikan. Pada tahap ini, kita harus mempertimbangkan efektivitas dan efisiensi dari setiap bentuk implementasi dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Berikut penjelasan ketiga macam bentuk pemanfaatan pembelajaran berbasis Share ITS

1. Tambahan (Suplemen)

Pembelajaran berbasis Share ITS berfungsi sebagai tambahan (suplemen), apabila mahasiswa bebas memilih, apakah akan memanfaatkan materi pembelajaran di Share ITS atau tidak. Tidak ada kewajiban / keharusan bagi mahasiswa untuk mengakses materi pembelajaran di Share ITS. Meskipun bersifat pilihan, mahasiswa yang memanfaatkannya tentu akan memiliki pengetahuan atau wawasan tambahan.

2. Pelengkap (Komplemen)

Pembelajaran berbasis Share ITS dikatakan berfungsi sebagai pelengkap (komplemen) apabila pembelajaran berbasis Share ITS diprogramkan untuk melengkapi materi pembelajaran yang diterima mahasiswa di dalam kelas. Sebagai Komplemen berarti pembelajaran berbasis Share ITS diprogramkan utnuk menjadi materi pengayaan (enrichment) atau pengulangan (remedial) bagi mahasiswa di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran konvensional.

Pengayaan (enrichment), untuk mahasiswa yang dapat dengan cepat menguasai / memahami materi pembelajaran yang disampaikan dosen secara tatap muka (fast leaners) diberikan kesempatan untuk mengakses materi pembelajaran berbasis Share ITS yang memang secara khusus dikembangkan untuk mereka. Tujuannya agar semakin memantapkan tingkat penguasaan mahasiswa terhadap materi pembelajaran yang disajikan dosen didalam kelas.

Pengulangan (remedial), untuk mahasiswa yang mengalami kesulitan memahami materi pembelajaran yang disajikan dosen secara tatap muka di kelas (slow learners) diberikan kesempatan untuk memanfaatkan pembelajaran berbasis Share ITS yang memang secara khusus dirancang untuk mereka. 

3. Pengganti (Substitusi)

Beberapa perguruan tinggi di Negara-negara maju memberikan beberapa alternatif model kegiatan pembelajaran / perkuliahan kepada para mahasiswanya, antara lain pembelajaran online atau dalam kasus ini pembelajaran berbasis Share ITS. Tujuannya agar para mahasiswa dapat secara fleksibel mengelola kegiatan perkuliahannya sesuai dengan waktu dan aktivitas lain sehari-hari mahasiswa.