SCORM packages


topik Nama Penjelasan Report
1. Pengantar Sistem Pengendalian Otomatis 1.1 Sejarah Sistem Pengendalian Otomatis

          

     

CP: Mampu menjelaskan secara historis beberapa sistem pengendalian otomatis.

Perhatikan modul ini, kapan pertama kali ada penemuan sistem kendali, dan mulai saat itu suatu perkembangan untuk menggunakan konsep sistem pengendalian otomatis di beberapa plant / sistem. Searching tentang sejarah pengendalian otomatis. Informasi ini akan memberikan suatu pengetahuan tentang konsep sebuah sistem kendali otomatis. Dan kenalilah beberapa istilah yang digunakan pada Sistem Pengendalian Otomatis. Catat apa yang telah Anda peroleh dari hasil searching, dan tulis beberapa istilah yang sering muncul. Kemudian bandingkan catatan Anda ini dengan materi pada modul ini. Apakah ada tambahan informasi baru?. Kalau ya, catatlah ini sebagai pengetahuan baru yang dapat didiskusikan pada Forum.

 
1. Pengantar Sistem Pengendalian Otomatis 1.2.1 Istilah dalam Sistem Pengendalian Otomatis
1.2.1

                               

CP: Mampu menjelaskan istilah - istilah dalam Sistem Pengendalian Otomatis.

Pernahkah Anda mendengar kata “sistem”, “plant”, “proses”, dan “kontrol”, “kendali”, “kompensator”, “regulator”? Kata – kata itu seringkali akan kita dengar saat berada diantara para engineer. Dan dalam mk SPO ini, beberapa istilah lain akan dibahas. Untuk itu perhatikan modul ini dan buka pula lampiran “Daftar Istilah”, kemudian Anda cari contoh yang sesuai dengan istilah – istilah tersebut. Maka Anda akan mampu menjelaskan nya dengan baik dan lengkap.

 
1. Pengantar Sistem Pengendalian Otomatis 1.2.2 Sistem Pengendalian Loop Terbuka

       

CP: Mampu menjelaskan karakteristik dari sistem pengendalian loop terbuka.

Sebuah sistem pengendali dapat bekerja tanpa adanya informasi dari apa yang dikendalikan. Sebagai contoh apabila kita menginginkan kecepatan putar blade pada kipas angin kita, maka tidak perlu ada informasi berapa rpm blade.  Ini contoh dari suatu sistem pengendalian terbuka. Apakah Anda juga menemui beberapa contoh sistem pengendalian loop terbuka pada sistem yang lain?. Bagaimana fungsi kerja komponen pada sistem ini? Perhatikan modul ajar "Sistem Pengendalian Loop Terbuka". Kemudian bandingkan contoh yang Anda dapatkan dengan konsep yang Anda pelajari pada pokok bahasan ini.

 
1. Pengantar Sistem Pengendalian Otomatis 1.2.3 Sistem pengendalian loop tertutup

       

CP: Mampu menjelaskan karakteristik sistem pengendalian loop tertutup.

Perhatikan bak tandon air Anda. Apakah Anda selama ini membuka dan menutup kran air aliran dari PDAM? Kalau jawaban Anda “Ya”, maka ini merupakan bentuk sistem pengendalian loop terbuka. Apabila jawaban Anda “Tidak”, maka ini contoh sistem pengendalian loop tertutup. Informasi dari mana yang menyebabkan kran mampu membuka dan menutup secara otomatis? Perhatikan modul ini, dan kemudian cari sistem lain yang merepresentasikan pengendalian loop tertutup. Buat sebuah tabel perbedaan prinsip kerja dari sistem pengendalian loop terbuka dan loop tertutup.

 
1. Pengantar Sistem Pengendalian Otomatis 1.3.1 Eror Detektor

       

CP: Mampu menjelaskan fungsi dari eror detektor.

Dimana letak detektor terhadap eror ini dalam sistem pengendalian otomatis? dan Apa fungsinya ?. Untuk menjawab pertanyaan ini perhatikan modul ajar berikut. Kemudian carilah contoh - contoh pada plant riil. Untuk setiap contoh riil, tulis pada buku catatan Anda.

 
2. Model Matematis Sistem Dinamis 2.1 Persamaan Differensial Koefisien Konstan
2.1         CP: Mampu meryelesaikan persamaan differensial dengan koefisien konstan
Waktu Belajar: 8 menit
Presenter: Nurlita Gamayanti
 
2. Model Matematis Sistem Dinamis 2.2 Persamaan Keadaan
2.2 spasi
CP: Mampu merepresentasikan sistem dalam bentuk persamaan ruang keadaan
Waktu Belajar: 15 menit
Presenter: Nurlita Gamayanti
 
2. Model Matematis Sistem Dinamis 2.3 Fungsi Alih
2.3 spasi CP: Mampu merepresentasikan sistem dalam bentuk persamaan fungsi alih
Waktu Belajar: 18 menit
Presenter: Nurlita Gamayanti